Demi Liga 1 Tepat Waktu, Erick Thohir Serahkan Jadwal ke Kapolri

Tahun depan jadi begitu krusial karena ada Pemilu

Jakarta, IDN Times - Proses perbaikan dalam pengelolaan kompetisi di Indonesia sudah dilakukan. Jika biasanya jadwal ditetapkan sebulan atau bahkan dua pekan sebelumnya, kini sudah disusun lebih awal.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, secara resmi menyerahkan jadwal Liga 1 musim 2023/24 kepada Kapolri Jendral Pol Listyo Sigit pada Rabu (10/5/2023) di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, di sela-sela KTT ASEAN.

"Harapannya, PSSI bisa terus berkoordinasi dalam hal perizinan, keamanan, dan memberikan kenyamanan bagi penonton, sponsor dan siaran televisi," ujar Erick.

1. Jadwal menjadi krusial

Demi Liga 1 Tepat Waktu, Erick Thohir Serahkan Jadwal ke KapolriLogo Liga 1. (Dok. PT Liga Indonesia Baru)

Jadwal untuk musim depan memang cukup krusial. Sebab, 2024 merupakan tahun politik. Pastinya, faktor keamanan akan menjadi salah satu perhatian kepolisian dalam proses pemberian izin.

Maka dari itu, PSSI butuh kepastian lebih dini terkait pertandingan mana saja yang memang dinyatakan berisiko dan bersinggungan dengan jadwal Pemilu 2024.

"Jadwal yang kami serahkan hasil dari koordinasi PT LIB selaku operator. Kami berharap semua berkomitmen demi kelancaran kompetisi sepak bola nasional," ujar Erick.

Baca Juga: Erick Sebut PSSI Bakal Gelar Turnamen Klub Liga 2 dan Liga 3

2. Awal dari perbaikan sistem

Demi Liga 1 Tepat Waktu, Erick Thohir Serahkan Jadwal ke KapolriKetua Umum PSSI, Erick Thohir memberikan keterangan terkait pembentukan satgas, kompetisi, dan Timnas Indonesia, di Kantor PSSI, Jakarta, Jumat (28/4/2023). (IDN Times/Tino)

Liga 1 musim 2023/24 rencananya digelar pada 1 Juli 2023 hingga 30 Mei 2024 mendatang. Dengan jadwal yang sudah disusun sejak awal, diharapkan ada perubahan dalam tata kelola kompetisi.

"Kami coba merapikan sistem. Jika sistem belum rapi, jangan salahkan pihak kepolisian kalau izin tak keluar. Memang semua sudah kesepakatan saya dengan pak Kapolri dan Presiden Joko Widodo, izin harus keluar tiga bulan sebelumnya," kata Erick.

3. Diharapkan kompetisi bisa lebih sehat

Demi Liga 1 Tepat Waktu, Erick Thohir Serahkan Jadwal ke KapolriSejumlah pesepak bola PSM Makassar mengangkat tropi juara BRI Liga 1 di Stadion Gelora BJ Habibie, Kabupaten Pare-Pare, Sulawesi Selatan, Minggu (16/4/2023). PSM Makassar berhasil keluar sebagai juara BRI Liga 1 2022/2023. (ANTARA FOTO/Abriawan Abhe)

Dengan jadwal Liga 1 yang sudah pasti, kompetisi dengan kasta di bawah diharapkan bisa pula mendapat kepastian. Sebab, Liga 2 dan 3 harus dijalankan musim depan agar piramida kompetisi bisa berjalan dengan semestinya.

"Kami akan terus meminta perkembangan dari pak Kapolri dan segera rapat dengan Polda terkait, atas jadwal yang sudah diserahkan. Saya berharap liga berjalan bersih dan memunculkan hasil yang baik," ujar Erick.

Baca Juga: Siap-Siap, Operator Liga 1 dan Liga 2 Berbeda Musim Depan

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya