[EKSKLUSIF] Penegasan Status Sevilla, Sang Raja Liga Europa

Liga Europa bisa menjadi penyelamat Sevilla

Jakarta, IDN Times - Sevilla kembali tampil di final Liga Europa usai mengalahkan Juventus dalam semifinal leg 2, Jumat dini hari WIB (19/5/2023). Dengan kondisi itu, Sevilla bisa menegaskan dirinya sebagai raja Liga Europa, jika berhasil juara dan mengemas gelar ke-7 sepanjang sejarah klub.

Hingga kini, Los Rojiblancos memang menjadi klub tersukses di Liga Europa. Mereka sudah mengemas enam gelar dan terakhir diraih pada 2020 silam.

Setelah tiga tahun, Sevilla kembali main di final Liga Europa. Ada optimisme yang menyelimuti skuad Sevilla jelang duel melawan AS Roma di final nanti. Keyakinan itu, juga didasari atas koneksi tak biasa antara Sevilla dengan Liga Europa.

Nemanja Gudelj, bek Sevilla, bercerita mengenai bagaimana koneksi ini berkembang di internal klub. Secara eksklusif, IDN Times mendapat kesempatan wawancara Gudelj. Kami adalah satu-satunya media Indonesia yang mendapatkan kesempatan ini.

Bagaimana rasanya melawan Juventus? Laga yang luar biasa, bikin tegang dan terlihat melelahkan

[EKSKLUSIF] Penegasan Status Sevilla, Sang Raja Liga EuropaBek Sevilla, Nemanja Gudelj, saat merayakan kemenangan (Instagram @nemanjagudelj)

Tentu, ini begitu melelahkan buat orang-orang yang menonton pula. Kami di dalam lapangan juga merasakannya. Tapi, saya merasa luar biasa. Hasil yang hebat, semua tahu bagaimana Sevilla mau memenangkan kompetisi ini, Liga Europa.

Kami mengincar trofi ke-7 di kompetisi ini. Satu langkah lagi, kami bisa mewujudkannya. Tentu, kami akan menyiapkan diri dengan baik demi bisa meraihnya.

Memang, saya harus bekerja keras menghadapi sejumlah rekan senegara dari Serbia di Juventus (Dusan Vlahovic dan Filip Kostic). Mereka membuatnya tak mudah. Tapi, kami bisa melewatinya.

Saya tak bicara dengan mereka usai laga. Mereka bersedih, sedangkan kami merayakan kemenangan di lapangan. Kami baru berbicara setelahnya di telepon. Mereka melayangkan selamat dan mendoakan kami juara.

Sevilla tampak memiliki koneksi khusus dengan Liga Europa. Kompetisi ini bak takdir buat kalian. Apa sebenarnya hal yang spesial dari Liga Europa buat kalian?

[EKSKLUSIF] Penegasan Status Sevilla, Sang Raja Liga Europasevillafc.es

Ya, mereka selalu menanyakan pertanyaan yang sama. Ini bukan pertanyaan yang mudah dijawab. Tentu, klub yang punya koneksi spesial dengan Liga Europa.

Klub ini sudah juara enam kali dan mendekati gelar ke-7. Mereka selalu bilang seperti itu, kami sebenarnya juga tak tahu kenapa. Saya tak bisa menjawabnya. Namun, memang ada koneksi yang spesial.

Kami begitu mengidamkan gelar ke-7. Gairah pemain untuk memenangkan setiap laga, kompetisi, tentu jadi sebuah dorongan agar bisa sukses di masa mendatang pula.

Kalian tancap gas di Liga Europa, tapi kesulitan di LaLiga. Setelah ke final, Sevilla dihadapkan pada derbi El Gran lawan Real Betis. Apakah arti derbi ini sekarang, apakah Anda berpikir Sevilla bisa finis lebih tinggi?

[EKSKLUSIF] Penegasan Status Sevilla, Sang Raja Liga EuropaBek Sevilla, Nemanja Gudelj (Instagram @NemanjaGudelj)

Tentu, derbi ini sangat penting buat kami. Pada awal musim, kami mencatatkan start buruk. Kami sering mengalami kekalahan yang tak perlu. Kondisi ini berlangsung hingga pertengahan musim.

Setelahnya, kondisi membaik. Hasil yang didapat mulai sesuai dengan harapan kami. Jujur, sejak pelatih baru datang (Jose Luis Mendilibar), saya rasa kami bisa menang 80 persen dari pertandingan yang dijalani.

Anda bisa lihat, bagaimana perbedaan kami dengan awal musim lalu di Laliga. Kami mulai sering menang di LaLiga, meraih yang seharusnya bisa diraih, setidaknya kami lolos dari zona degradasi, mulai merangkak ke atas. Kami mencari peluang untuk main di kompetisi Eropa musim depan. Tentu saja, kini kami fokus ke final Liga Europa.

Fans membuat laga ini menjadi sangat panas di Eropa dan dunia. Saya sudah melakoni banyak derbi sepanjang karier. Tapi, ini begitu spesial karena gairah fans.

Beruntung, lebih banyak merah ketimbang hijau. Saya selalu mengingat bagaimana mencetak gol ke gawang Betis di musim ini. Itu menjadi momen termanis di derbi ini buat saya.

Tiga pelatih berbeda menangani Sevilla dalam kurun waktu yang berdekatan. Sebenarnya, apa perbedaan dari mereka?

[EKSKLUSIF] Penegasan Status Sevilla, Sang Raja Liga EuropaPelatih Sevilla, Jose Luis Mendilibar (LaLiga Content Hub)

Tentu, mereka pelatih yang berbeda dengan pandangan sendiri. Musim ini kami memang tak mencatatkan start bagus. Klub memutuskan mengganti pelatih.

Saya cuma punya memori bagus soal mereka. Setiap pelatih punya cara berbeda dalam memandang sepak bola. Lopetegui, Sampaoli, dan pelatih kami sekarang, memiliki gaya berbeda.

Lopetegui memiliki gaya untuk menguasai bola, cetak banyak gol, dan gairah untuk bisa menang yang tinggi. Sementara, Sampaoli, dengan sistem tiga bek, tak mudah bagi kami beradaptasi.

Kami memang harus menyesuaikan diri. Tapi, ini sepak bola dan semua bisa terjadi.

Mendilibar punya gaya yang simpel. Dia melihat kekuatan apa yang ada di tim ini. Dia terus melihat bagaimana cara klub ini berkembang. Dia telah mengembangkan kemampuan kami untuk lebih baik, melirik cara untuk memaksimalkan kualitas tim ini.

Ini musim yang sulit dan tak stabil untuk semua pemain, fans, klub. Tapi, kami memang mengalami periode buruk hingga pertengahan musim.

Apa yang saya tahu selama empat tahun di klub, kami tak pernah menyerah. Setiap orang selalu bilang di musim ini tentang bertahan, naik, dan selamat. Tapi, kami tak mau menyerah untuk bermain di Eropa.

Baca Juga: 3 Fakta Menarik Usai MU Gagal Menang Lawan Sevilla

Sementara ini, Betis lebih baik posisinya dari kalian. Bagaimana perasaannya? Yakin bisa finis lebih tinggi dari mereka?

[EKSKLUSIF] Penegasan Status Sevilla, Sang Raja Liga EuropaMU ditahan imbang Sevilla di ajang Liga Europa. (ANTARA FOTO/Action Images via Reuters/Lee Smith)

Tentu kami mau memenangkan laga sisa musim ini. Kami akan berusaha keras, dan belum memikirkan final Liga Europa, karena ingin naik lebih tinggi di papan klasemen.

Kami ingin membuktikan kalau Sevilla masih merah. Kami punya fans yang luar biasa. Laga melawan Juventus, begitu spektakuler, paling berkesan dalam karier saya.

Fans di sana, mendukung kami. Kini, kami harus membuktikan dan bekerja keras untuk bisa meraih kesuksesan untuk yang terbaik setelah periode buruk di musim ini.

Bagaimana Anda membangun koneksi di Sevilla, tampaknya ini sudah menjadi rumahmu. Apakah memang ada jalinan dengan Sevilla?

[EKSKLUSIF] Penegasan Status Sevilla, Sang Raja Liga EuropaBek Sevilla, Nemanja Gudelj (Instagram @nemanjagudelj)

Saya merasa ketika menandatangani kontrak merupakan hal yang luar biasa. Jadi titik balik dalam karier saya. Ketika itu, saya berusaha beradaptasi dan akhirnya merasakan klub ini layaknya rumah.

Ayah saya memang pernah main di Spanyol. Ibu saya juga menemaninya. Mereka bilang Spanyol negara yang luar biasa dan memiliki atmosfer sepak bola hebat.

Proses adaptasi saya begitu baik karena memang sudah kenal Spanyol. Saya bicara bahasa Spanyol sejak kecil, sekolah di sini, dan liburan setiap musim panas juga di Spanyol.

Kamu yakin kalau juara Liga Europa bisa menyelamatkan musim Sevilla? Kini, seberapa bernafsu Anda mengantarkan Sevilla meraih gelar ke-7?

Ini sangat memotivasi kami buat jadi juara. Sebab, apa yang terjadi di awal musim, start buruk, membuat kami memikirkan cara untuk lolos ke Liga Champions.

Kini, semuanya ada di tangan kami. Satu laga lagi, kami punya peluang buat menyelamatkan musim yang sulit ini. Dan kami siap menyelamatkannya dengan hasil yang bagus, meraih trofi Liga Europa.

Sejak kapan kami yakin bisa melakukannya? Sevilla selalu yakin, kami percaya selalu mampu melakukan yang terbaik.

Apalagi, kami percaya ada koneksi spesial dengan kompetisi ini. Apalagi, kami bisa menciptakan performa bagus, meski sebenarnya tak berada dalam level tertinggi, ketika melawan PSV, Fenerbahce, Manchester United. Laga seperti itu, membuat Anda lebih percaya diri, di kompetisi domestik dan Liga Europa. Jadi, saya berharap kami bisa juara dan melakukan yang terbaik.

Baca Juga: Final Liga Europa: Sevilla Bentrok dengan AS Roma

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya