Elkan Baggott Catat Sejarah di Inggris Bareng Ipswich Town

Elkan Baggott orang Indonesia pertama yang tampil di Inggris

Jakarta, IDN Times - Bek Indonesia, Elkan Baggott, baru saja mencetak sejarah. Dia mencatatkan diri sebagai orang Indonesia pertama yang main di kompetisi Inggris.

Elkan main bareng tim utama Ipswich Town. Dia tampil sebagai starter kala Ipswich berduel melawan Roterham United di pekan 43 League One, Sabtu (16/4/2022).

Ini menjadi kali pertama orang Indonesia main di kompetisi Inggris. Meski kastanya League One, yang merupakan divisi ketiga, pencapaian Elkan cukup membanggakan.

1. Sayangnya, Ipswich kalah

Dalam duel melawan Roterham, Elkan tampil penuh. Sayangnya, Ipswich kalah dengan skor 0-1. Gol dari Michael Smith di menit 78, membuat Ipswich keok.

Atas hasil itu, Ipswich turun peringkat. Mereka kini ada di posisi 10 League One dengan koleksi 64 poin dari 43 laga yang sudah dijalani.

Baca Juga: Saddil dan Elkan Terancam Tak Gabung Timnas U-23, PSSI Turun Tangan

2. Sudah dapat sinyal

Elkan Baggott Catat Sejarah di Inggris Bareng Ipswich TownElkan Baggott (instagram.com/elkanbaggott)

Memang, manajer Ipswich, Kierran McKenna, sudah memberikan tanda-tanda Elkan akan main bersama tim utama. Sebagai kapten tim U-18, McKenna merasa kehadiran Elkan cukup penting.

Maka dari itu, McKenna tak melepas Elkan ketika dipanggil PSSI buat jalani pemusatan latihan (TC) di Korea Selatan bersama Timnas Indonesia U-23.

"Kami butuh semua pemain hingga akhir musim, termasuk Elkan. Apalagi, "Elkan terlibat dalam beberapa kali latihan bersama skuad dan sudah lama gabung. Jadi, penting bagi kami untuk menahannya hingga akhir musim," ujar McKenna dilansir EADT.

3. Elkan tuai pujian

Elkan Baggott Catat Sejarah di Inggris Bareng Ipswich TownPemain keturunan Elkan Baggott saat mengikuti latihan bersama Timnas U-19 di Stadion Madya pada 8 Agustus 2020. (IDN Times/Herka Yanis).

Penampilan Elkan pun menuai pujian McKenna dalam laga melawan Roterham. Menurut McKenna, Elkan tampil solid.

Bagi McKenna, Elkan bisa memanfaatkan situasi ketika Cameron Burgess tak bisa dimainkan akibat akumulasi kartu.

"Bukan keputusan mudah karena menurunkan pemain yang belum berlaga di laga kompetitif. Namun, jadi hal penting buat kami untuk memberikan kesempatan dan menunjukkan ada pemain muda yang punya potensi. Itu yang terjadi terhadap Elkan. Saya rasa, dia bisa berpuas diri atas performanya. Saya berharap dia bisa dulang pengalaman dari sini," ujar McKenna.

Baca Juga: Sinyal Elkan Baggott Tak Bisa Bela Timnas U-23 di SEA Games 2021

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya