FIFA Finalisasi Format Baru Piala Dunia: 104 Laga Selama 39 Hari

Format baru dibahas di Kongres FIFA

Jakarta, IDN Times - FIFA dilaporkan segera melakukan finalisasi dalam perubahan format Piala Dunia 2026. Dalam Kongres Tahunan di Kigali, Rwanda, FIFA kemungkinan akan mengambil keputusan soal perubahan jumlah peserta di Piala Dunia 2026 mendatang.

Sejak awal, memang sudah ada rencana dari FIFA untuk ekspansi peserta Piala Dunia dari 32 menjadi 48. Itu dilakukan di edisi 2026. Namun, demi memuluskan rencana itu, perlu persetujuan dari para anggota dan harus disahkan di dalam Kongres.

Baca Juga: Erick Thohir: SUGBK Lockdown Hingga Piala Dunia U-20

1. Ada 104 laga dalam 39 hari

FIFA Finalisasi Format Baru Piala Dunia: 104 Laga Selama 39 HariTrofi Piala Dunia 2022. (fifa.com)

The Athletic melansir, salah satu agenda Kongres Tahunan FIFA di Rwanda pada pekan ini adalah untuk menyepakati perubahan format di Piala Dunia 2026 nanti.

Dengan perubahan itu, sudah pasti jumlah laga akan menjadi lebih banyak. Setidaknya, menurut perhitungan di atas kertas, ada 104 laga yang tercipta hingga final. Seluruh laga rencananya diselesaikan dalam 39 hari.

2. Ada format dengan melibatkan tiga tim dalam fase grup

FIFA Finalisasi Format Baru Piala Dunia: 104 Laga Selama 39 HariKapten dan striker timnas ArgentinaLionel Messi berpose dengan trofi Piala Dunia setelah Argentina memenangkan final Piala Dunia Qatar 2022 melawan Prancis di Lusail Stadium, Doha, 18 Desember 2022. (ANTARA/AFP/Anne-Christine POUJOULAT)

Format yang muncul awalnya adalah membuat 16 grup dan diisi oleh tiga tim. Hanya ada dua tim yang lolos ke fase selanjutnya, yakni babak 32 besar.

Namun, kekurangannya adalah level persaingan dalam format ini akan berkurang. Bahkan, ada potensi terjadinya main mata karena itu pernah terjadi di Piala Dunia 1982 silam.

3. Ada format yang lebih seru

FIFA Finalisasi Format Baru Piala Dunia: 104 Laga Selama 39 HariInstagram (@fifaworldcup)

Kini, FIFA memikirkan format lainnya. Mereka ingin membagi 48 tim dalam 12 grup.

Dengan begitu, tetap akan ada empat tim dalam satu grup. Level persaingan dalam kompetisi akan terjaga. Pun, kemungkinan lebih sengit karena nantinya delapan tim peringkat tiga terbaik bisa lolos ke babak 32 besar.

Baca Juga: Daftar 24 Kontestan Piala Dunia U-20 2023 Indonesia

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya