Final Leg 1 Jadi Kunci Timnas Indonesia Juara Piala AFF

Leg 1 akan menentukan langkah Timnas Indonesia selanjutnya

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia semakin dekat dengan trofi Piala AFF 2020. Pada Rabu (29/12/2021), Indonesia akan melakoni final leg 1 Piala AFF melawan Thailand di National Stadium.

Momen ini dianggap jadi yang paling penting buat Indonesia. Kemenangan di leg 1, bisa memberikan dampak positif dan membuka peluang yang besar buat Pasukan Garuda jadi juara.

"Leg 1 saya rasa penting. Kemenangan di leg 1 akan membuat para pemain makin nyaman. Jadi, setidaknya mereka harus menang di leg 1 demi jadi juara," ujar mantan pelatih Timnas Indonesia, Nilmaizar, kepada IDN Times.

Baca Juga: Thailand Mau Bikin Puasa Indonesia di Piala AFF Lebih Lama

1. Mental lebih kuat

Final Leg 1 Jadi Kunci Timnas Indonesia Juara Piala AFFEgy Maulana Vikri saat berlatih bersama Timnas Indonesia jelang semifinal leg 2 Piala AFF / Dokumentasi PSSI

Nil merasa peluang Indonesia menjadi juara cukup besar. Ada perbedaan besar yang muncul dalam skuad Indonesia di masa sekarang dengan sebelumnya.

Semangat juang dan kualitas mental para pemain Indonesia dalam ajang Piala AFF 2020, disebut Nil, di atas rata-rata. Bagi Nil, para pemain Indonesia sekarang sudah menunjukkan kematangan dalam bermain.

"Mereka sama sekali tak panik ketika kebobolan lebih dulu atau dalam posisi tertinggal. Saya melihat, tim ini sudah membalikkan pandangan orang banyak. Awalnya diragukan, tapi mereka akhirnya bisa lolos ke final," kata Nil.

2. Harus lebih disiplin

Final Leg 1 Jadi Kunci Timnas Indonesia Juara Piala AFFTimnas Indonesia vs Singapura. (Dok. Media PSSI)

Namun, Nil mengingatkan perjuangan para pemain belum usai. Mereka masih harus berjuang demi mengangkat trofi Piala AFF.

Juara memang sudah tak bisa ditawar lagi. Sebab, ini menjadi kesempatan keenam buat mereka tampil di final Piala AFF.

"Ada yang harus diperhatikan dalam transisi permainan. Pemain kita harus lebih disiplin. Lihat bagaimana ketika kita kebobolan di laga melawan Singapura dan dihukum penalti. Tercipta ruang-ruang di sana yang seharusnya bisa ditutup. Padahal, ketika itu kita unggul jumlah pemain. Jadi, melawan Thailand, kita harus lebih disiplin," terang Nil.

3. Absennya dua andalan tak lemahkan Thailand

Final Leg 1 Jadi Kunci Timnas Indonesia Juara Piala AFFThailand di Piala AFF 2020. (affsuzukicup.com)

Meski Thailand kehilangan Theeraton Bunmathan dan Chatchai Budprom, Nil merasa itu bukan jadi masalah besar. Indonesia masih harus waspada dengan ancaman Thailand.

Sebab, menurut Nil, mereka memiliki kualitas tim yang cukup merata dan bisa mengancam Indonesia.

"Kita bicara Thailand. Memang lawan yang berbeda karena mereka lebih berpengalaman. Meski tak bagus performanya di Kualifikasi Piala Dunia, mereka tetap raksasa di Asia Tenggara. Tapi, saya yakin Indonesia bisa saja menang dengan skor 1-0 atau imbang 1-1," kata Nil.

Baca Juga: Waduh, Ketum PSSI Mau Masuk Ruang Ganti Timnas Indonesia

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya