Final Piala AFF: Timnas Indonesia Diuntungkan Ketimbang Thailand

Timnas Indonesia bisa beristirahat lebih lama

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia mendapat sedikit keuntungan ketimbang Thailand jelang final Piala AFF 2020. Mereka mendapat waktu istirahat lebih lama ketimbang Thailand jelang partai final.

Indonesia sudah lebih dulu lolos ke final setelah membungkam Singapura, 4-2, pada Sabtu (25/12/2021). Sementara, Thailand baru melaju ke final sehari setelahnya. Artinya, Pasukan Garuda punya waktu istirahat sehari lebih banyak ketimbang Thailand.

1. Thailand harus cermat

Final Piala AFF: Timnas Indonesia Diuntungkan Ketimbang ThailandFOX Sports Asia

Pelatih Thailand, Alexandre Polking, pun mengakui harus pintar-pintar mengatur skema dalam proses pemulihan pemainnya. Sebab, Polking hanya memiliki waktu efektif selama dua hari buat memulihkan kondisi para pemainnya.

"Kami cuma punya waktu dua hari. Jadi, kami harus mengakalinya dengan materi skema bermain, taktik, dan lainnya," ujar Polking dalam konferensi pers pasca laga, Minggu (27/12/2021).

Baca Juga: Thailand Waspadai Permainan Tak Terduga Timnas Indonesia

2. Situasi berbeda buat Thailand

Final Piala AFF: Timnas Indonesia Diuntungkan Ketimbang ThailandTimnas Thailand di ajang Piala Asia 2019. the-afc.com

Polking menyatakan laga melawan Indonesia akan jadi hal berbeda buat Thailand. Gaya main Indonesia, disebut Polking, bakal menjadi menarik untuk dihadapi oleh Thailand.

Terlebih, Polking menilai Indonesia punya potensi kejutan dengan kemampuan mencetak gol dari situasi sulit.

"Pastinya ini berbeda dengan laga melawan Vietnam. Kami melihat, Indonesia punya banyak pemain yang cepat. Saya sudah menyaksikan Indonesia bertanding tiga kali. Mereka punya kemampuan mencetak gol dari situasi 50-50, yang mana itu sangat sulit buat diantisipasi," kata Polking.

Baca Juga: [BREAKING] Thailand Jadi Lawan Timnas Indonesia di Final Piala AFF 2020

3. Waktunya akhiri penantian

Final Piala AFF: Timnas Indonesia Diuntungkan Ketimbang ThailandIrfan Jaya (kiri) dan Pratama Arhan (kanan) merayakan gol Timnas Indonesia ke gawang Malaysia di National Stadium, Minggu (19/12/2021) (Dokumentasi PSSI)

Indonesia dan Thailand akan bentrok di final Piala AFF mulai Rabu (29/12/2021). Keduanya kembali berlaga pada 1 Januari 2022 mendatang.

Jadi, tepat di tahun baru, juara Piala AFF sudah ditemukan. Mudah-mudahan itu Indonesia yah! Sebab, sudah begitu lama Indonesia menantikan gelar Piala AFF, meski sudah enam kali berlaga di final.

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya