Ganas Lawan Qatar, Ekuador Langsung Incar Belanda

Mau lolos ke fase gugur, Ekuador sadar harus berbenah

Jakarta, IDN Times - Kepercayaan diri Ekuador meninggi usai mengemas kemenangan atas tuan rumah Qatar dalam laga pembuka Piala Dunia 2022. Kemenangan dua gol tanpa balas yang dikemas di Al Bayt Stadium, Minggu (20/11/2022), membuat Ekuador yakin bisa bicara banyak di turnamen kali ini.

Pelatih Ekuador, Gustavo Alfaro, merasa tiga poin yang direguk saat jumpa Qatar telah mengangkat beban anak-anak asuhnya. Kini, para pemain mulai terasa sedikit terangkat bebannya.

"Kemenangan luar biasa, apalagi di laga pembuka Piala Dunia yang selalu diliputi tekanan dan tensi tinggi. Kami sadar dengan tekanan yang harid. Apalagi, kami tim termuda di Piala Dunia," ujar Alfaro dikutip situs resmi FIFA.

Baca Juga: 3 Fakta Menarik Usai Ekuador Sikat Qatar, Valencia Cetak Rekor

1. Masih ada PR

Ganas Lawan Qatar, Ekuador Langsung Incar BelandaPara pemain Ekuador merayakan gol ke gawang Qatar di Piala Dunia 2022 (Twitter @FIFAWorldCup)

Performa Ekuador memang terlihat menjanjikan. Skema tekanan tinggi yang diterapkan saat melawan Qatar sudah membuat publik terpukau. Namun, tetap saja ada PR tersendiri, karena di babak kedua intensitas mereka menurun.

"Kami main dengan gaya yang diinginkan. Saya belum puas, tapi cukup tenang karena melihat apa yang kami tampilkan," ujar Alfaro.

2. Incar Belanda

Ganas Lawan Qatar, Ekuador Langsung Incar BelandaKapten Belanda, Virgil van Dijk, saat merayakan gol dengan rekan-rekannya (Dokumentasi KNVB)

Tantangan Ekuador akan semakin berat. Sebab, di laga kedua mereka harus jumpa salah satu poros kekuatan Eropa, yakni Belanda.

Jelang duel itu, Alfaro merasa cukup optimistis Ekuador bisa menciptakan kejutan. Hanya saja, perlu ada perbaikan di berbagai sektor agar Ekuador bisa membalikkan prediksi publik.

"Tentu, kami harus berkembang di berbagai aspek jika ingin lolos ke babak 16 besar," kata Alfaro.

Baca Juga: Brace Valencia Bantu Ekuador Sikat Qatar di Piala Dunia 2022

3. Valencia bisa main

Ganas Lawan Qatar, Ekuador Langsung Incar BelandaEnner Valencia (twitter.com/Fenerbahce)

Sempat ada kekhawatiran kalau Ekuador akan main tanpa Enner Valencia, sang kapten, di laga lawan Belanda. Sebab, Valencia sempat ditarik keluar di pertengahan babak kedua, setelah sempat kena hantaman lawan.

Alfaro memastikan Valencia tak cedera. Dia menegaskan, Valencia akan main saat lawan Belanda.

"Tak diragukan lagi, Enner main lawan Belanda," tegas Alfaro.

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya