Gol Messi di Final Piala Dunia 2022 Jadi Kontroversi: Dianggap Gak Sah

Media Prancis menggugat, tapi juga percuma

Jakarta, IDN Times - Gol ketiga Argentina yang dicetak Lionel Messi ke gawang Prancis di final Piala Dunia 2022, Qatar, Minggu (18/12/2022), digugat oleh media kenamaan, L'Equipe. Mereka mengklaim kalau gol ketiga Argentina telah melanggar aturan pertandingan.

L'Equipe menyematkan satu alasan mengapa gol itu harus dianulir. Sayangnya, menurut salah satu surat kabar tertua di Prancis itu, wasit Szymon Marciniak tak menyadarinya, hingga gol tersebut tercipta.

Momen apa yang dimaksud L'Equipe?

Baca Juga: Argentina Pesta Pora Sambut Trofi Piala Dunia 2022

1. Ada pemain cadangan Argentina yang masuk lapangan

Insiden yang dimaksud adalah ketika Messi hendak menyambar bola liar yang bergulir. Sejumlah pemain cadangan Argentina yang ada di pinggir lapangan, ternyata masuk ke lapangan.

Meski hanya satu sisi kakinya, tapi tetap saja itu telah melanggar pasal 3 Law of the Game FIFA.

"Wasit seharusnya menganulir gol jika ada orang tambahan, pemain cadangan, pelatih, pemain yang diusir, atau ofisial tim, masuk ke dalam lapangan. Laga seharusnya dimulai lagi dengan sepakan bebas dari tempat kejadian orang tambahan itu masuk," begitu tulisan L'Equipe.

2. Wasit dan asistennya saja tak sadar

Gol Messi di Final Piala Dunia 2022 Jadi Kontroversi: Dianggap Gak SahMegabintang Argentina, Lionel Messi, saat tampil melawan Belanda di Piala Dunia 2022 (Twitter @FIFAWorldCup)

Tapi, merujuk aturan itu pula, bukti juga kurang kuat jika ingin menggunakan VAR demi menganulir keputusannya. Sebab, wasit Szymon Marciniak bersama para asistennya tak sadar lantaran momen di lapangan begitu krusial.

Berbagai analisis ini juga pada dasarnya tak berarti. Sebab, hasil laga sudah ditentukan dan Argentina jadi juara dunia.

Baca Juga: Kylian Mbappe Akhirnya Nongol Usai Prancis Keok dari Argentina

3. Prancis sebenarnya juga diuntungkan wasit

Gol Messi di Final Piala Dunia 2022 Jadi Kontroversi: Dianggap Gak SahStriker Prancis, Kylian Mbappe, usai cetak gol ke gawang Argentina di final Piala Dunia 2022 (Twitter @FIFAWorldCup)

Bicara soal gol yang dianulir, sebenarnya Prancis juga diuntungkan. Saat proses gol ketiga Prancis, Dayot Upamecano juga melakukan handball.

Namun, wasit tak mengindahkannya. Justru, Prancis diberikan penalti karena ada Gonzalo Montiel memblok bola dengan tangannya.

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya