Comscore Tracker

Imbang Kontra Kroasia, Belgia Tersingkir dari Piala Dunia 2022

Belgia buang-buang peluang emas di babak kedua

Jakarta, IDN Times - Tim penuh bintang, Belgia, harus menelan pil pahit tersingkir dari Piala Dunia 2022. Kepastian itu diterima Belgia usai hanya mampu main imbang lawan Kroasia di Ahmed bin Ali Stadium, Kamis (1/12/2022).

Tensi laga sebenarnya sempat meninggi di awal laga. Belgia dibuat jantungan ketika Kroasia main cepat dengan mencetak peluang emas saat pertandingan baru berusia beberapa detik. Sial, sepakan Ivan Perisic masih melebar di sisi kiri gawang Thibaut Courtois.

Mendapat ancaman, Belgia mengambil inisiatif untuk menguasai laga. Mereka sempat dapat peluang emas lewat fast break di menit 13. Sayangnya, penyelesaian akhir Dries Mertens begitu buruk. Bola sepakannya melayang jauh dari gawang.

Berselang dua menit, Belgia sempat panik ketika wasit Anthony Taylor memberikan hadiah penalti buat Kroasia. Para pemain Belgia protes karena merasa ada pemain Kroasia yang terjebak offside terlebih dulu. VAR digunakan, dan Taylor menganulir keputusannya.

Selanjutnya, pertandingan begitu tawar. Tak banyak peluang tercipta, membuat babak pertama berakhir tanpa gol.

Pada babak kedua, Belgia melakukan sejumlah perubahan. Mertens ditarik dan digantikan oleh Romelu Lukaku. Hasilnya sempat moncer, karena serangan Belgia jadi lebih tajam.

Menit 60, Lukaku mendapat peluang emas setelah Dominik Livakovic tak berada dalam posisi terbaik usai melakukan penyelamatan. Sial, bola hasil sepakan Lukaku malah membentur tiang gawang.

Berselang dua menit, Lukaku buang peluang lagi. Bola tandukannya malah melayang di atas mistar, padahal Livakovic sudah melakukan blunder.

Di sisa waktu yang ada, Belgia dan Kroasia mencoba mencari gol. Namun, tak ada hasil positif yang muncul. Bahkan, Lukaku yang dapat peluang lagi pada menit 86, masih gagal.

Terparah, pada menit 90, Lukaku mendapatkan ruang yang begitu terbuka buat mengeksekusi peluang dan Livakovic sudah mati langkah. Lagi-lagi, dia gagal memanfaatkan kans yang didapat karena kontrolnya begitu buruk.

Hingga akhirnya, skor 0-0 bertahan hingga akhir. Belgia pun tersingkir, Kroasia serta Maroko lolos ke fase gugur.

Baca Juga: Kroasia Vs Belgia Belum Hasilkan Gol di Babak I

Topic:

  • Satria Permana
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya