Indonesia Gabung Grup F Asian Games 2022 Bareng Korut

Indonesia dapat dua lawan berat

Jakarta, IDN Times - Indonesia dipastikan berada di Grup F Asian Games 2022, Hangzhou, China. Mereka harus menghadapi dua lawan berat dalam persaingan di Grup F.

Itu adalah Korea Utara serta Kyrgyzstan. Sementara, satu kontestan lainnya yang masuk ke grup tersebut adalah Taiwan.

Hitung-hitungan di atas kertas, Indonesia memang kemungkinan bisa meraih kemenangan atas Taiwan. Sebab, dari peta kekuatan, Taiwan bisa saja dilewati oleh Indonesia.

Baca Juga: Menpora Sebut Timnas Indonesia Tetap Punya Target di Asian Games 2022

1. PSSI angkat beban Timnas di Asian Games 2022

Indonesia Gabung Grup F Asian Games 2022 Bareng KorutKetua Umum PSSI, Erick Thohir saat mengunjungi seleksi Timnas U-17 di Sawangan, Sabtu (22/7/2023). (IDN Times/Tino).

Indonesia berpotensi mengirim Timnas U-20 untuk main di Asian Games 2022. Itu karena Timnas U-23 begitu padat jadwalnya sepanjang Agustus hingga September 2023.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, menyatakan Asian Games 2022 bukan jadi prioritasnya. Turnamen seperti Piala Asia dan lainnya, merupakan hal yang menurut Erick lebih penting.

"Karena AFF U-23 tidak jadi prioritas, Asian Games 2022 tidak menjadi prioritas, menjadi sasaran untuk meningkatkan pemain muda, supaya mereka siap melapis yang U-23," ujar Erick.

2. Menpora tetap pasang target

Indonesia Gabung Grup F Asian Games 2022 Bareng KorutMenpora Dito Ariotedjo dan Ketum KOI Raja Sapta Oktohari dalam kongres NOC Indonesia (dokNOC Indonesia/Naif Al’As).

Beda dengan Erick, Menteri Pemuda dan Olahraga, Dito Ariotedjo, menyatakan ada target tertentu yang akan diberikan kepada Indonesia di Asian Games 2022. Tapi, dia memaklumi sikap PSSI yang lepas terkait Asian Games.

"Tetap sebagai kontingen, kami mau Timnas Indonesia ada targetnya. Mungkin, itu dilakukan PSSI agar tidak terlalu membebani para atlet," ujar Dito.

3. Stok pemain berpotensi menipis

Indonesia Gabung Grup F Asian Games 2022 Bareng KorutPesepak bola Timnas Indonesia Ramadhan Sananta (kiri) berebut bola dengan pesepak bola Timnas Burundi Ndwarugira (kanan) dalam pertandingan FIFA Match Day di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (25/3/2023). ANTARA FOTO/Galih Pradipta/tom.

Nantinya, skuad Indonesia akan dipimpin oleh pelatih Indra Sjafri di Asian Games 2022. Kemudian, Timnas U-23 akan ditangani Shin Tae Yong demi mengarungi Piala AFF U-23 dan Kualifikasi Piala Asia U-23.

Sebenarnya, kondisi yang dialami Indra serta Shin akan cukup ruwet. Sebab, ketersediaan pemain di dua kelompok umur itu sangat terbatas. Terlebih, Timnas senior juga akan mentas pada FIFA Matchday di periode tersebut.

Baca Juga: China Turunkan Pebulu Tangkis Terbaik di Asian Games 2023

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya