Indonesia Jadi Asa Asia di Piala Dunia U-17

Bersama Jepang dan Korsel, Indonesia diharapkan meledak

Jakarta, IDN Times - AFC berharap banyak pada Indonesia dalam Piala Dunia U-17 2023. Tak cuma menjadi tuan rumah yang baik, Indonesia diharapkan bisa berprestasi dalam turnamen ini.

Indonesia memang menjadi satu-satunya negara dari Asia Tenggara yang tampil di Piala Dunia U-17. Berstatus tuan rumah, Indonesia mentas bersama Iran, Jepang, Korea Selatan, dan Uzbekistan, demi mewakili Asia di ajang ini.

Presiden AFC, Sheikh Salman bin Ebrahim Al Khalifa, berharap seluruh perwakilan Benua Kuning bisa meledak di Piala Dunia U-17.

"Sebagai juara Piala Asia U-17, saya mau memberikan selamat. Mereka mencetak sejarah dengan meraih gelar keempat. Kami juga mengapresiasi Korea Selatan atas kerja keras dan determinasinya. Bersama Iran, Uzbekistan, dan Indonesia, saya yakin mereka bisa bersinar di Piala Dunia U-17," ujar Sheikh Salman dalam pernyataan resminya.

Baca Juga: JIS Direnovasi 3 Bulan Demi Piala Dunia U-17

1. Berharap Asia cetak sejarah di Piala Dunia U-17

Indonesia Jadi Asa Asia di Piala Dunia U-17timnas U-17 Indonesia (pssi.org)

Sheikh Salman berharap nantinya ada sejarah yang tercipta di Piala Dunia U-17. Dia bermimpi ada juara Piala Dunia U-17 kedua yang lahir, setelah terakhir kali Arab Saudi pada edisi 1989 silam.

"Jepang dan Korea Selatan membuktikan diri sebagai mercusuar dari inspirasi serta teladan di antara seluruh anggota asosiasi. Kini semua anggota mulai berkembang. Itu bukti nyata masa depan Asia makin cerah," kata Sheikh Salman.

2. Indonesia berbenah

Indonesia Jadi Asa Asia di Piala Dunia U-17Warga mulai memadati Jakarta International Stadium (JIS). (IDN Times/Aryodamar)

Saat ini, Indonesia tengah berbenah di berbagai aspek. Dari segi fasilitas, pemerintah pusat dan daerah bekerja sama untuk memperbaiki sejumlah venue yang memang akan digunakan dalam turnamen.

Salah satunya adalah Jakarta International Stadium. Nantinya, ada proses renovasi yang dilakukan agar JIS sesuai standar FIFA hingga bisa digunakan untuk Piala Dunia U-17 serta event internasional lain.

Baca Juga: Tahap Seleksi Timnas U-17 Jelang Piala Dunia: Ada Peran Garuda Select

3. Timnas U-17 juga siapkan diri

Indonesia Jadi Asa Asia di Piala Dunia U-17Momen Timnas U-17 dan Palestina U-17 mengheningkan cipta bersama di Stadion Pakansari. (IDN Times/Tino).

Lalu, Timnas Indonesia U-17 juga segera menyiapkan diri. Mereka akan berkumpul dan melakukan seleksi.

Nantinya seleksi akan digelar dalam berbagai tahapan. Ada seleksi wilayah, nasional, hingga pemusatan latihan ke luar negeri. Proses ini juga akan melibatkan Garuda Select yang memang pemainnya masuk kategori U-17.

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya