Jadwal Lengkap Final Piala AFF 2020: Indonesia Vs Thailand

Indonesia harus menghadapi lawan tangguh di final

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia dan Thailand akan bentrok di final Piala AFF 2020. Keduanya beradu kuat pada partai final ajang dua tahunan ini untuk keempat kalinya.

Ya, duel kali ini menjadi pertemuan keempat Indonesia dan Thailand di final Piala AFF. Indonesia tentu mau menghapus kutukan runner up di Piala AFF.

Mereka juga bertekad untuk bisa menang atas Thailand setelah dalam tiga kesempatan sebelumnya selalu kalah dari Thailand di final.

Sementara, Thailand bertekad buat mengangkat trofi di tahun baru. Itu memang menjadi ambisi mereka sejak matchday 1 turnamen ini bergulir. Lantas, kapan sih laga seru ini tersaji?

Baca Juga: Thailand Tampil Pincang Lawan Indonesia di Final Piala AFF

1. National Stadium jadi medan perang

Jadwal Lengkap Final Piala AFF 2020: Indonesia Vs ThailandTimnas Indonesia vs Singapura. (Dok. Media PSSI)

Final Piala AFF akan berformat dua leg. Meski digelar dengan sistem home tournament, format dua leg masih jadi andalannya.

Bedanya, tak ada keuntungan agresivitas gol tandang. Pemenang ditentukan setelah tim yang terlibat menang secara agregat.

Leg 1 akan digelar mulai Rabu (29/12/2021). Kick-off dilaksanakan pukul 20.30 waktu Singapura atau 19.30 WIB. Keduanya bakal bertarung di National Stadium pada pertemuan pertama.

Sementara, leg 2 digelar di lokasi yang sama. Duel leg 2 diselenggarakan tepat pada tahun baru, 1 Januari 2022 mendatang.

2. Indonesia jadi sorotan

Jadwal Lengkap Final Piala AFF 2020: Indonesia Vs ThailandTimnas Indonesia vs Singapura. (Dok. Media PSSI)

Thailand sebenarnya cukup memperhitungkan Indonesia. Pelatih Thailand, Alexandre Polking, menyatakan kalau Pasukan Garuda merupakan tim yang susah ditebak permainannya.

Apalagi, Polking menilai Indonesia memiliki kemampuan yang cukup unik ketika bisa mencetak gol dari situasi 50-50.

"Gaya main mereka variatif. Mereka juga bisa mencetak gol dari situasi 50-50. Kami tak merasa jadi favorit. Duel melawan Indonesia akan jadi hal berbeda buat kami," ujar Polking.

Baca Juga: Thailand Sering Jadi Mimpi Buruk Indonesia di Piala AFF

3. Thailand pincang, Indonesia terancam

Jadwal Lengkap Final Piala AFF 2020: Indonesia Vs ThailandThailand di Piala AFF 2020. (affsuzukicup.com)

Thailand sebenarnya harus tampil pincang. Dua pemain andalannya, Chatchai Budprom dan Theeraton Bunmathan, tak bisa berlaga di final leg 1 Piala AFF.

Chatchai tak bisa main karena cedera parah. Sedangkan, Theeraton harus absen karena akumulasi kartu.

Indonesia sebenarnya juga dikhawatirkan tak bisa diperkuat salah satu gelandang andalannya, Rachmat Irianto. Dia tumbang dalam semifinal leg 2 melawan Singapura.

Jadwal final Piala AFF 2020:
Leg 1, 29 Desember 2021, 19.30
Leg 2, 1 Januari 2022, 19.30

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya