Thailand Sering Jadi Mimpi Buruk Indonesia di Piala AFF

Thailand selalu mengalahkan Indonesia di final

Jakarta, IDN Times - Thailand dipastikan menjadi lawan buat Timnas Indonesia di final Piala AFF 2020. Tentu, ini bukan kabar yang bagus buat Indonesia karena rekor pertemuannya yang buruk dengan Thailand. Pastinya, Indonesia harus bekerja lebih keras buat bisa meraih trofi pertamanya di ajang ini.

Statistik membuktikan, kalau Thailand selalu menjadi mimpi buruk buat Indonesia di Piala AFF. Apalagi, saat bertemu di final, Thailand sering memberikan kesialan buat Indonesia.

1. Indonesia kena pukulan telak di 2000

Thailand Sering Jadi Mimpi Buruk Indonesia di Piala AFFTimnas Indonesia di laga lanjutan Piala AFF 2018 di Jakarta. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Tercatat, Indonesia pernah kalah berturut-turut dari Thailand di final Piala AFF. Itu terjadi pada 2000 dan 2002. Pada 2000, Indonesia bahkan tidak cuma kalah di final. Mereka juga dipermalukan Thailand di fase grup.

Indonesia tumbang 1-4 dari Thailand di fase grup. Kemudian, Indonesia kalah lagi dari Thailand dengan skor serupa di partai puncak. Woorawot Srimaka jadi pahlawan Thailand kala itu lewat torehan tiga golnya di final.

Namun, Indonesia tetap patut berbangga di Piala AFF 2000. Sebab, salah satu pemain mereka, Gendut Doni Christiawan, dinobatkan sebagai top scorer, bersama dengan Srimaka.

Baca Juga: Thailand Tampil Pincang Lawan Indonesia di Final Piala AFF

2. Kalah lagi di Piala AFF 2002

Thailand Sering Jadi Mimpi Buruk Indonesia di Piala AFFTimnas Indonesia Senior saat tampil di pertandingan (IDN Times/Herka Yanis)

Selang dua tahun kemudian, Indonesia bersua lagi dengan Thailand di Piala AFF. Tidak tanggung-tanggung, kali ini mereka langsung bertemu di final Piala AFF 2002. Kondisi Indonesia sudah lebih baik dibandingkan edisi 2000 silam.

Apalagi, Indonesia berstatus sebagai tuan rumah, beda dengan dua tahun sebelumnya, saat status tuan rumah dipegang Thailand. Nyatanya, di tengah dukungan masyarakat Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Indonesia tetap tidak berkutik.

Thailand bahkan sempat unggul dua gol lebih dulu dari Indonesia, sebelum Yaris Riyadi dan Gendut Doni menyamakan angka. Laga berlangsung alot hingga adu penalti harus digelar. Tapi, dalam babak tos-tosan, Indonesia kalah akibat kegagalan Bejo Sugiantoro dan Firmansyah sebagai eksekutor.

Meski gagal jadi juara, pemain Indonesia kembali meraih prestasi individu di ajang ini. Bambang sukses keluar sebagai pencetak gol terbanyak, dengan torehan delapan gol.

3. Tumbang di final Piala AFF 2016

Thailand Sering Jadi Mimpi Buruk Indonesia di Piala AFFThailand juara pertama Piala AFF 2016 (YouTube.com/Giga Bola)

Terakhir, Indonesia dan Thailand bersua di Piala AFF 2016. Thailand sempat menumbangkan Indonesia dengan skor 4-2 di fase grup. Kemudian, mereka bertemu lagi di partai final.

Sempat unggul 2-1 di leg pertama, Indonesia harus mengakui keunggulan Thailand usai tumbang 0-2 di pertemuan kedua. Dari sederet catatan ini, terlihat Thailand memang jadi mimpi buruk bagi Indonesia.

Baca Juga: Final Piala AFF: Timnas Indonesia Diuntungkan Ketimbang Thailand

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya