Keren, Asnawi Mangkualam Cetak Sejarah Bersama Ansan Greeners

Asnawi Mangkualam sudah diperkenalkan Ansan Greeners

Jakarta, IDN Times - Bek muda Indonesia, Asnawi Mangkualam, akhirnya diperkenalkan secara resmi oleh manajemen Ansan Greeners, Kamis (18/2/2021). Dalam momen tersebut, Asnawi langsung didampingi oleh pemilik Ansan Greeners, Yoon Hwa-seop.

Gabungnya Asnawi disambut gembira oleh Hwa-seop. Dia yakin, kualitas Asnawi, yang direkomendasikan pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, tak mengecewakan.

"Ada ribuan orang hidup sendirian di Ansan, termasuk beberapa orang Indonesia. Kami mau menghibur mereka lewat kehadiran Asnawi," ujar Hwa-seop di situs resmi klub.

1. Cetak sejarah

Keren, Asnawi Mangkualam Cetak Sejarah Bersama Ansan Greenersinstagram.com/asnawi_bhr

Asnawi mencetak sejarah dalam kompetisi domestik Korea Selatan bersama Ansan Greeners. Ternyata, Asnawi merupakan pemain pertama yang mengaktifkan sistem kuota pemain ASEAN sepanjang sejarah kompetisi di Korea Selatan.

Beban yang cukup berat, karena dengan label tersebut Asnawi bakal mendapat tantangan untuk membuktikan kualitas individunya sebagai pemain asal Indonesia atau Asia Tenggara bersama Ansan. Ditambah, rekomendasi dari Shin Tae-yong membuatnya harus bekerja lebih keras agar tak mempermalukan sang mentor.

"Saya akan bekerja keras untuk memberikan yang terbaik," tegas Asnawi.

2. Punya peluang besar

Keren, Asnawi Mangkualam Cetak Sejarah Bersama Ansan Greenersinstagram.com/asnawi_bhr

Peluang Asnawi merebut tempat di tim utama The Greeners sebenarnya terbilang besar. Sebab, Asnawi menjadi satu-satunya bek kanan yang dimiliki Ansan Greeners.

Memang, manajemen sengaja mendatangkan Asnawi karena bermasalah dengan sektor bek kanan. Sedangkan, saat ini stok bek kiri di Ansan Greeners yang terbilang lebih banyak.

"Saya sudah bicara dengan pelatih Shin Tae-yong tentang kompetisi di sini. Beliau, memberikan masukan terhadap persaingan di Korea. Seperti yang saya tahu, kompetisi Korea merupakan salah satu terbaik di Asia," ujar Asnawi.

3. Turun gaji demi gabung Ansan Greeners

Keren, Asnawi Mangkualam Cetak Sejarah Bersama Ansan GreenersANTARA FOTO/Abriawan Abhe

Gabungnya Asnawi ke Ansan Greeners tak disertai dengan kenaikan gaji. Justru, Asnawi malah menerima bayaran yang lebih rendah ketimbang di PSM Makassar.

Namun, itu tak jadi soal. Beberapa waktu lalu, Asnawi sempat menegaskan, kesempatan mengembangkan karier di luar negeri lebih berharga ketimbang uang.

"Harga nomor dua menurut saya. Ini kesempatan emas. Kesempatan yang jarang didapatkan, karena itu saya mau menerimanya," terang Asnawi.

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya