Kode dari Xavi: Barcelona Masih Butuh Messi

Xavi akui Messi masih bisa bersaing

Jakarta, IDN Times - Pelatih Barcelona, Xavi Hernandez, memberi kode keras kepada manajemen klub untuk terus menekan proses kepulangan Lionel Messi ke Camp Nou. Xavi mengaku kehadiran Messi masih diperlukan oleh Barcelona.

Secara usia, Messi memang sudah tak muda. Kini, dia sudah menginjak 35 tahun dan dari segi kecepatan tentu menurun.

Tapi, buat Xavi, Messi sangat dibutuhkan karena pengalaman dan talentanya yang luar biasa. Pun, dia memiliki kharisma di lapangan yang bisa memengaruhi mental bertanding Barcelona.

"Dalam peran saya sebagai pelatih, dari sudut pandang sepak bola, tak diragukan lagi jika Messi kembali, pasti membantu kami," ujar Xavi dilansir Diario Sport.

1. Messi, sang pembeda

Kode dari Xavi: Barcelona Masih Butuh MessiBintang PSG, Lionel Messi (tengah), coba menggiring bola melewati adangan gelandang Bayern Munich, Thomas Mueller (kanan). (bavarianfootballworks.com)

Xavi mengaku sudah berbicara dengan Presiden Barcelona, Joan Laporta, terkait rencana memulangkan Messi. Ketika ditanya soal rencana Barcelona merekrut kembali La Pulga, Xavi dengan tegas menyetujuinya.

"Saya tak ragu tentangnya karena memang masih bisa menjadi pembeda di setiap laga. Dia masih lapar, seorang pemenang, dan juara," kata Xavi.

Baca Juga: Gaji Messi di Barcelona Cuma Unggul Rp16 Ribu dari Lewandowski

2. Peran Messi di Barcelona tak sama dengan 2010

Kode dari Xavi: Barcelona Masih Butuh MessiLionel Messi. (Instagram.com/leomessi)

Kondisi Barcelona sekarang memang berbeda. Dibanding generasi 2010, ketika Barcelona mendominasi dunia, skuad yang sekarang kualitasnya tentu tak setara.

Peran Messi juga pastinya berubah kalau kembali ke Barcelona. Namun, Xavi menilai dengan perannya yang sekarang, Messi akan membuat Barcelona lebih berwarna.

"Apa yang bisa Messi kasih? Talenta! Dia bisa memberikan umpan manis di lini depan, mengeksekusi bola mati, hingga mencetak gol. Dia pembeda di lini depan," ujar Xavi.

3. Semua tergantung kata hati Messi

Kode dari Xavi: Barcelona Masih Butuh Messipotret Xavi Hernandez (instagram.com/Xavi)

Sampai sekarang, memang belum jelas, mau ke mana Messi. Xavi berharap Messi pulang ke Camp Nou. Namun, semua itu tak cuma didasari atas kondisi finansial Barcelona.

"Itu juga bergantung hati Messi. Saya mau dia kembali, karena akan memperdalam kualitas kami," kata Xavi.

Baca Juga: Messi Lewati Rekor Ronaldo Usai Antar PSG Juara

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya