Comscore Tracker

Media Vietnam: Timnas U-19 Harusnya Salahkan Diri Sendiri

Timnas U-19 gagal ke semifinal Piala AFF

Jakarta, IDN Times - Kegagalan Timnas Indonesia U-19 melaju ke semifinal Piala AFF menjadi sorotan pula di Vietnam. Sejumlah media Vietnam menyinggung kegagalan Timnas U-19 dan menyatakan kalau semua berasal dari kesalahan sendiri.

Zing News menuliskan kalau Timnas U-19 gagal lolos akibat kesalahannya. Bahkan, judul Zing News terbilang tegas.

"Indonesia U-19 Seharusnya Menyalahkan Diri Sendiri," begitu judul yang ditulis oleh Zing News.

Baca Juga: Pelatih Malaysia Prihatin Timnas U-19 Gagal ke Semifinal

1. Harusnya bisa tentukan nasib sendiri

Media Vietnam: Timnas U-19 Harusnya Salahkan Diri SendiriPiala AFF U-19, Indonesia VS Vietnam di Stadion Patriot Candrabhaga, Sabtu (2/7/2022). Foto: IDN Times/Tata Firza.

Dalam ulasannya pula, Zing News menyatakan Timnas U-19 sudah seharusnya bisa menang lawan Vietnam atau Thailand. Atau setidaknya, bisa mencetak gol.

Kalau itu terjadi, maka Timnas U-19 bisa melenggang ke semifinal. Memang benar apa yang dituliskan Zing News.

Sebab, dengan begitu, Timnas U-19 akan unggul dalam segala hal, baik head to head atau bahkan selisih gol.

2. Aturan sebenarnya sudah diketahui semua tim

Media Vietnam: Timnas U-19 Harusnya Salahkan Diri SendiriPiala AFF U-19, Indonesia VS Vietnam di Stadion Patriot Candrabhaga, Sabtu (2/7/2022). Foto: IDN Times/Tata Firza.

Aturan head to head sebenarnya sudah diketahui oleh semua tim peserta. Sebab, sebelum turnamen dimulai, biasanya setiap tim akan dimintakan pendapat dalam technical meeting terkait regulasi yang ada. Ketika turnamen berjalan, artinya regulasi sudah disepakati.

"Memang head to head seperti situasi sekarang ini (klasemen kecil) sudah hilang dari regulasi FIFA atau AFC, tetapi sedikit aneh memang masih ada di AFF regulasi ini, dan sebenarnya kita tidak lolos ini tidak masuk akal," ujar pelatih Timnas U-19, Shin Tae Yong, usai laga kontra Myanmar, Minggu (10/7/2022).

Baca Juga: Pemain Timnas U-19 Sempat Merasa Aneh, Bingung Gagal ke Semifinal

3. Diduga main mata, pelatih Thailand irit bicara

Media Vietnam: Timnas U-19 Harusnya Salahkan Diri SendiriPelatih Thailand U-19, Salvador Garcia dan Pelatih Laos U-19 Hans Michael Weiss. (IDN Times/Tino)

Vietnam dan Thailand diduga main mata ketika jumpa di laga pamungkas penyisihan Grup A Piala AFF U-19. Kala itu, keduanya berbalas gol saat berduel di Stadion Madya, Senayan.

Namun, pada 10 menit terakhir, mereka cuma main oper-operan. Pelatih Thailand, Salvador Garcia, menyatakan kalau anak-anak asuhnya sudah kelelahan.

Pun, dalam konferensi pers jelang semifinal, Garcia menolak bicara tudingan main sabun yang dialamtkan kepadanya.

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya