Piala Dunia U-20: Giliran Qatar yang Berpotensi Gantikan Indonesia

Argentina juga mengintai

Jakarta, IDN Times - Spekulasi mengenai kelangsungan Piala Dunia U-20 di Indonesia berkembang semakin liar. Setelah Argentina, kini giliran Qatar yang kabarnya siap menggantikan Indonesia buat jadi tuan rumah.

Rumor ini tersebar lewat akun @theaseanball. Menurut mereka, saat ini Qatar sedang menyiapkan diri untuk masuk dan mengajukan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

Baca Juga: Kisruh Piala Dunia U-20: FIFA Punya Dasar Jatuhkan Sanksi ke Indonesia

1. Infrastruktur Qatar siap

Secara infrastruktur, Qatar sudah lebih dari siap. Stadion yang dipakai selama Piala Dunia 2022 lalu, sudah sangat mumpuni.

Meski sudah ada yang dibongkar, yakni 974 Stadium, ketersediaan venue di Qatar saat ini sudah lebih dari cukup.

2. Indonesia tersudut

Piala Dunia U-20: Giliran Qatar yang Berpotensi Gantikan IndonesiaMaskot Piala Dunia U-20 2023 bernama Bacuya. (Dok. Kemenpora).

Munculnya Qatar membuat posisi Indonesia kian tersudut. Sebab, kini sudah ada dua negara yang siap menggantikan Indonesia kalau status tuan rumah dicabut.

Sampai sekarang, FIFA belum membicarakan status Indonesia. Artinya, hingga kini Indonesia masih menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20.

3. Erick Thohir lagi cari solusi

Piala Dunia U-20: Giliran Qatar yang Berpotensi Gantikan IndonesiaKetua Umum PSSI, saat memperkenalkan Media Center PSSI di GBK Arena, Jumat (10/3/2023). (IDN Times/Tino).

Ketua Umum PSSI sekaligus Ketua LOC, Erick Thohir, juga sedang berusaha keras untuk melakukan lobi ke FIFA. Erick ingin memberikan jaminan kepada FIFA agar Piala Dunia bisa tetap digelar dan Indonesia terhindar sanksi FIFA.

"Pak Ketua Umum telah melaporkan kepada pak Presiden, Pak Jokowi. Segala proses ini ditempuh demi mencari solusi yang terbaik untuk menyelamatkan sepak bola Indonesia," ujar Komite Eksekutif PSSI, Arya Sinulingga, kemarin (26/3/2023).

Baca Juga: Argentina Mau Gantikan Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya