Qatar Sumbang Rumah Piala Dunia 2022 ke Korban Gempa Turki

Qatar paling cepat dalam menolong Turki dan Suriah

Jakarta, IDN Times - Sejumlah rumah non permanen yang sempat digunakan sebagai penginapan suporter di Piala Dunia 2022, Qatar, disumbangkan ke korban gempa Turki dan Suriah. Sebanyak 10 ribu unit rumah non permanen itu sudah didistribusikan kepada para korban pada Sabtu (24/6/2023).

"Bentuk respons dari Qatar terkait gempa bumi yang begitu besar menghantam Turki serta Suriah pada Februari 2023 lalu, Yayasan QFFD menyalurkan rumah non permanen untuk menjadi tempat pengungsian bagi para korban," begitu pernyataan resmi Qatar Fund for Development (QFFD).

Baca Juga: AS Tuan Rumah Piala Dunia Klub Format Baru, Ada 32 Peserta

1. Qatar punya kewajiban untuk berkontribusi

Memang, rumah-rumah non permanen yang dibangun untuk Piala Dunia 2022 sempat dipertanyakan statusnya di Qatar. Ada kekhawatiran kalau rumah-rumah itu hanya akan jadi sampah dan mencemari lingkungan.

Namun, pada akhirnya rumah itu bisa digunakan demi kepentingan mulia. Menurut QFFD, ini memang menjadi kewajiban untuk bisa membantu korban gempa di Turki dan Suriah.

"Qatar Fund melanjutkan misi membantu meningkatkan taraf hidup komunitas yang begitu rentang di dunia dengan menolong demi menyelamatkan hidup, memberi harapan, menyebar kedamaian, dan keadilan, berprinsip kelanjutan serta inklusif," lanjut QFFD.

2. Qatar paling responsif

Qatar Sumbang Rumah Piala Dunia 2022 ke Korban Gempa TurkiGempa 7,8 M guncang Turki dan perbatasan Turki-Suriah. (dok. Turkiye Ministry of National Defence)

Qatar sebenarnya menjadi negara pertama yang merespons bencana di Turki dan Suriah. Keluarga Kerajaan Qatar langsung berkunjung ke Turki dan bertemu Presiden Recep Tayyip Erdogan di Istanbul.

Kala itu, Kerajaan Qatar memberikan donasi sebesar 14 juta dolar Amerika Serikat atau setara Rp208 miliar. Kemudian, warga Qatar memberikan uang senilai 19 juta dolar Amerika Serikat (setara Rp283 miliar) yang dikumpulkan lewat siaran langsung televisi.

3. Sudah lebih dari Rp800 miliar dikeluarkan Qatar buat donasi

Qatar Sumbang Rumah Piala Dunia 2022 ke Korban Gempa TurkiGempa 7,8 M guncang Turki dan perbatasan Turki-Suriah. (dok. Turkiye Ministry of National Defence)

QFFD juga sebenarnya merupakan lembaga yang paling banyak memberikan sumbangan kepada korban gempa Turki dan Suriah.

Per Maret 2023, QFFD sudah mengeluarkan sumbangan hingga 200 juta Riyal Qatar atau setara Rp820 miliar. Kemudian, pada April 2023, Qatar memutuskan untuk membangun 70 ribu rumah di Suriah.

Baca Juga: Arab Saudi, Piala Dunia, dan Perbaikan Citra via Sepak Bola

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya