Ratu Tisha Kunci Kedatangan Shin Tae Yong ke Timnas Indonesia

Tisha yang menghubungi Shin Tae Yong pertama kali

Jakarta, IDN Times - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong, buka-bukaan soal alasan menerima pinangan PSSI. Shin mengaku ada satu sosok kunci yang membuatnya yakin menerima tawaran melatih Timnas Indonesia.

Yang dimaksud Shin adalah mantan Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha Destria. Shin menyatakan Tisha menjadi orang yang menghubunginya, menawari posisi sebagai pelatih Timnas Indonesia.

"Jadi, saya ke sini karena dihubungi oleh Tisha, Sekjen PSSI sebelumnya. Hingga akhirnya mendarat di Indonesia," ujar Shin dalam YouTube Close The Door milik Deddy Corbuzier.

Baca Juga: Shin Tae Yong: Bulu Tangkis Olahraga Paling Berprestasi di Indonesia

1. Pilih Timnas ketimbang gaji besar

Ratu Tisha Kunci Kedatangan Shin Tae Yong ke Timnas IndonesiaPelatih Tim Nasional Indonesia, Shin Tae-yong (IDN Times/ Herka Yanis)

Shin mengaku sebenarnya mendapat tawaran pula dari China saat Tisha menghubunginya. Namun, itu berasal dari klub profesional.

Secara gaji, Shin mengakui kalau tawaran dari China cukup menarik. Namun, dia menilai pekerjaan di Timnas Indonesia lebih menantang.

"Dari penilaian saya, sepak bola Indonesia bisa berkembang. Bicara uang, China lebih besar. Tapi, tantangan dan harapan, Indonesia masih jauh lebih baik," kata Shin.

2. Kekurangan yang sedang dibenahi Shin

Ratu Tisha Kunci Kedatangan Shin Tae Yong ke Timnas IndonesiaInstagram

Selama melatih di Indonesia, Shin punya kesimpulan kalau ada dua aspek yang harus dibenahi para pemain. Hal tersebut juga sudah berulang kali ditegaskan oleh Shin kepada juru tulis ketika ditemui di pinggir lapangan.

Apalagi kalau bukan pola makan dan latihan para pemain Indonesia yang masih belum terlalu tertata. Gorengan hingga junk food diharapkan Shin tak lagi dikonsumsi para pemain Indonesia.

"Latihan beban juga penting, karena ini berkaitan dengan adu fisik di atas lapangan. Saya mulai membenahi ini," terang Shin.

Baca Juga: Shin Tae Yong Mau Balas Budi ke Klub Asing Usai Piala AFF

3. Timnas Indonesia yang menantang buat Shin

Ratu Tisha Kunci Kedatangan Shin Tae Yong ke Timnas IndonesiaTimnas Indonesia. (dok. PSSI)

Melatih Timnas Indonesia, Shin mengaku cukup betah. Dia memang tak memiliki banyak waktu berkumpul bersama keluarganya, karena keterbatasan aturan COVID-19.

Namun, Shin selalu menikmati pekerjaannya sebagai pelatih Timnas Indonesia. Buatnya, hal tersebut membantunya berkembang.

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya