Comscore Tracker

Shin Tae Yong Jawab Tantangan Bawa Indonesia Juara Piala AFF

Ada yang lebih penting ketimbang juara buat Shin Tae Yong

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia mendapat tantangan buat menjadi juara Piala AFF 2020. Dalam kondisi yang serba tak ideal, Indonesia diharapkan bisa membawa pulang trofi turnamen paling bergengsi se-Asia Tenggara itu untuk pertama kalinya.

Pelatih Indonesia, Shin Tae Yong, buka suara soal tantangan ini. Menurutnya, target juara bukanlah hal mustahil.

Namun, Shin merasa target juara bukanlah hal paling penting. Kinerja pemain di atas lapangan, menjadi hal utama yang harus ditunjukkan di setiap laga.

"Bicara Indonesia juara, semuanya akan menjadi mungkin, tapi belum bisa dipastikan. Tapi, lebih penting bagaimana pemain harus bekerja keras di atas lapangan," ujar Shin dalam konferensi pers jelang pertandingan, Sabtu (4/12/2021).

1. Kerja, kerja, dan kerja

Shin Tae Yong Jawab Tantangan Bawa Indonesia Juara Piala AFFStriker Timnas Indonesia, Kushedya Hari Yudo, dikepung para pemain Uni Emirat Arab / Dokumentasi PSSI

Baca Juga: Egy Maulana Vikri Terancam Absen Bela Timnas di Fase Grup Piala AFF

Shin menegaskan, kerja keras menjadi hal paling penting karena itu merupakan kunci buat meraih kemenangan bahkan trofi. Makanya, Shin tak mau terlalu ngotot memburu kemenangan.

Dia hanya meminta anak-anak asuhnya bekerja keras di atas lapangan. Evan Dimas dan kawan-kawan diminta bekerja layaknya tim juara.

"Indonesia harus bekerja keras dan berpikir sebagai calon juara. Memang, target juara penting. Tapi, harus fokus pada kerja keras demi meningkatkan performa. Dengan begitu, kami bisa bicara soal juara," kata Shin.

2. Bertahan hidup di zona maut

Shin Tae Yong Jawab Tantangan Bawa Indonesia Juara Piala AFFTimnas Indonesia lawan Taiwan di leg kedua Kualifikasi Piala Asia 2023. (pssi.org)

Indonesia harus berada di grup maut dalam Piala AFF kali ini. Tergabung di Grup B, Indonesia harus bersaing dengan Vietnam, Malaysia, Laos, dan Kamboja.

Vietnam dan Malaysia mungkin menjadi dua tim yang paling mengancam Indonesia. Shin sepakat dengan hal tersebut. Namun, dia tak mau meremehkan Laos dan Kamboja.

"Kami ada di grup yang dihuni juara bertahan, Vietnam. Ada juga rival abadi Indonesia, Malaysia. Laos dan Kamboja juga tim yang bagus. Ini akan menarik," ujar Shin.

3. Debut Shin Tae Yong di Asia Tenggara

Shin Tae Yong Jawab Tantangan Bawa Indonesia Juara Piala AFFDokumentasi PSSI / Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong

Piala AFF 2020 juga menjadi spesial buat Shin. Sebab, ini merupakan debut Shin di Piala AFF.

Pastinya, Shin akan merasakan hal berbeda. Meski sudah mencicipi atmosfer Piala Dunia, Shin mengaku baru kali ini merasakan sensasi turnamen di Asia Tenggara.

"Saya harus menyiapkan tim dengan baik. Saya pasti mau mendapatkan hasil terbaik buat Indonesia, makanya harus bekerja keras," terang Shin.

Baca Juga: Membaca Potensi Kekuatan Kamboja di Piala AFF, Lawan Pertama Timnas RI

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya