Thailand Incar Juara Grup A Piala AFF 2022, Persaingan Ketat

Langkah Indonesia bisa lebih ringan

Jakarta, IDN Times - Thailand bertekad untuk mengunci kemenangan atas Kamboja dalam laga pamungkas penyisihan Grup A Piala AFF 2022. Berlaga di Thammasat Stadium, Senin (2/1/2023), Thailand bertekad tampil dengan performa terbaiknya.

Pelatih Thailand, Alexander Polking, menegaskan status juara grup sangat penting buat pasukannya. Selain bisa mengangkat moral anak-anak asuhnya, status itu berpotensi memberikan Thailand tantangan yang lebih ringan di semifinal.

"Laga melawan Kamboja akan sangat penting di turnamen ini. Target jelas, yakni buat finis di puncak klasemen," ujar Mano (sapaannya) dilansir Bangkok Post.

Ambisi Thailand bak pisau bermata dua. Bisa saja meringankan Indonesia, sebab hanya butuh hasil imbang demi lolos. Tapi, di sisi lain bisa saja merugikan kalau Indonesia cuma menang tipis atas Filipina dan lolos sebagai runner up Grup A, hingga jumpa lawan lebih berat.

"Banyak yang bilang kami bisa juara grup. Tapi, terpenting adalah menang melawan Filipina," kata pelatih Indonesia, Shin Tae Yong.

Baca Juga: PSSI Minta Maaf ke Thailand Usai Busnya Diserang Suporter

1. Thailand bermasalah dengan kebugaran pemainnya

Thailand Incar Juara Grup A Piala AFF 2022, Persaingan KetatDuel Timnas Indonesia vs Thailand di SUGBK, Kamis (29/12/2022). (Changsuek_TH).

Hanya saja, Mano mengakui kalau ada masalah dalam urusan kebugaran di skuad Thailand. Pemainnya kelelahan, dan Sanrawat Detchmitr tak bisa berlaga karena harus menjalani hukuman skorsing usai diusir saat melawan Indonesia.

"Kami harus mengistirahatkan sejumlah pemain yang berlaga melawan Indonesia. Kami cuma punya waktu dua hari untuk istirahat sejak kembali dari Indonesia. Beberapa, butuh waktu lebih lama," kata Mano.

2. Rotasi pemain lawan Kamboja

Thailand Incar Juara Grup A Piala AFF 2022, Persaingan KetatMano Polking, pelatih Thailand. (twitter.com/Changsuek_TH)

Demi mengatasi kelelahan, Mano akan melakukan rotasi dalam skuadnya. Namun, sebelum itu dia ingin meninjau kondisi pemainnya secara menyeluruh.

"Kami akan kasih penilaian terkait kebugaran pemain. Sulit membuat keputusan untuk siapa saja yang masuk sebagai starter. Kami harus menunggu hingga menit-menit akhir," ujar pria berdarah Brasil-Jerman itu.

3. Pikirkan strategi yang matang

Thailand Incar Juara Grup A Piala AFF 2022, Persaingan KetatThailand di Piala AFF 2020. (affsuzukicup.com)

Thailand sebenarnya saat ini sedang memimpin klasemen sementara Grup A. Namun, mereka cuma unggul selisih gol atas Indonesia dan mengoleksi poin yang sama.

Jika imbang dengan Kamboja dan Indonesia menang atas Filipina, maka Thailand akan lolos dengan statur runner up.

"Kami perlu rencana yang matang saat menghadapi laga krusial melawan Kamboja. Mungkin saja merotasi pemain. Tapi, kami harus menunggu hingga menit akhir," kata Mano.

Baca Juga: Madam Pang: Bonus Rp2,3 Miliar Menanti Thailand, Syaratnya?

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya