Timnas U-23 Langsung Jumpa Vietnam di SEA Games 2021, Seru!

Momen SEA Games 2017 bisa terulang

Jakarta, IDN Times - Undian cabang olahraga sepak bola SEA Games 2021, Hanoi, Vietnam, sudah dilakukan pada Rabu (6/4/2022). Hasilnya, Timnas Indonesia U-23 tergabung di dalam grup yang cukup maut.

Indonesia harus bersaing dengan Vietnam, Myanmar, Filipina, dan Timor Leste, di Grup A. Dari hasil ini, di atas kertas pesaing berat Indonesia hanyalah Vietnam.

1. Tak ketemu Malaysia karena beda pot

Timnas U-23 Langsung Jumpa Vietnam di SEA Games 2021, Seru!Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. (IDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Ini bisa terjadi karena Vietnam bersama Thailand masuk ke pot 1. Keduanya memang unggulan karena merupakan juara di dua edisi sebelumnya.

Sedangkan, Indonesia ada di pot 2. Makanya, undian memisahkan pula Indonesia dengan Malaysia karena berada dalam pot yang sama.

Baca Juga: Penjaga Warkop Ini Dipanggil untuk Jaga Gawang Timnas U-23

2. Tragedi Vietnam di SEA Games 2017

Timnas U-23 Langsung Jumpa Vietnam di SEA Games 2021, Seru!the-afc.com

Memang, beberapa kali Vietnam sering merepotkan Indonesia di sejumlah ajang, termasuk SEA Games. Menariknya, skema militan Vietnam malah sering dimentahkan oleh Indonesia.

Pada SEA Games 2017 lalu, Vietnam berduel melawan Indonesia di fase grup. Bertanding di Stadion Selayang, 22 Agustus 2017, Vietnam selama 90 menit mampu menggempur pertahanan Indonesia.

Anak-anak asuh Luis Milla kala itu tampil solid. Hanif Sjahbandi dan kawan-kawan berhasil membendung serangan-serangan Vietnam. Hingga akhirnya, Vietnam cuma bisa main imbang tanpa gol lawan Indonesia.

Karena hasil imbang itu, Indonesia berhasil lolos ke semifinal bersama Thailand. Vietnam gagal, karena di laga terakhir dibantai 0-3 oleh Thailand.

3. Grup B tak kalah sengit

Timnas U-23 Langsung Jumpa Vietnam di SEA Games 2021, Seru!the-afc.com

Sementara, Grup B juga tak kalah sengit persaingannya. Thailand akan dikepung Malaysia, Singapura, Kamboja, dan Laos.

Mungkin, di atas kertas, hanya Malaysia dan Singapura yang jadi penantang serius Thailand. Namun, melihat performa Kamboja di Piala AFF 2020 lalu yang mengandalkan pemain U-23, bukan tak mungkin mereka menciptakan kejutan pula.

Baca Juga: Perang Rusia-Ukraina Ganggu Persiapan Indonesia ke SEA Games

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya