Van Dijk Didakwa FA Usai Serang Wasit saat lawan Newcastle

Van Dijk bisa dihukum lebih berat

Jakarta, IDN Times - Kapten Liverpool, Virgil van Dijk, didakwa oleh Federasi Sepak bola Inggris (FA) atas sikapnya dalam duel kontra Newcastle United di Saint James Park, Minggu (27/8/2023). Hal itu dikarenakan Van Dijk dianggap telah melanggar aturan dalam bersikap terhadap perangkat pertandingan.

Dalam duel itu, Van Dijk diusir oleh wasit John Brooks pada menit 28, usai menjatuhkan Alexander Isak. Keputusan itu tak diterima Van Dijk.

Dia berteriak ke arah Brooks. Tapi, kata-kata kasar juga keluar dari mulutnya.

1. Serang ofisial keempat pula

Van Dijk Didakwa FA Usai Serang Wasit saat lawan NewcastleVirgil van Dijk (twitter.com/VirgilvDijk)

Tak cuma berteriak ke arah Brooks, Van Dijk juga bersitegang dengan ofisial keempat di pinggir lapangan. Dia juga melayangkan kata-kata kasar pula di sana.

Atas sikapnya itulah, Van Dijk didakwa FA. Tindakannya masuk ke dalam "perilaku tak pantas" dan itu melanggar Kode Disiplin FA.

"Virgil van Dijk didakwa telah melanggar aturan FA pasal E3 ayat 1 dalam laga melawan Newcastle, Minggu (27/8/2023). Bek itu bertindak tak baik dan melancarkan kata-kata kasar kepada ofisial pertandingan usai diusir wasit pada menit 28," begitu pernyataan resmi FA.

Baca Juga: Virgil van Dijk Terancam Dihukum Lebih Berat, Kenapa?

2. Punya waktu membela diri

Van Dijk Didakwa FA Usai Serang Wasit saat lawan NewcastleVirgil van Dijk (liverpool.com)

Dengan kartu merah yang diterimanya, Van Dijk sudah dilarang main dalam satu laga. Tapi, dakwaan tersebut bisa membuat bek Belanda itu menerima sanksi yang lebih berat.

"Van Dijk memiliki waktu untuk memberikan respons atas dakwaan ini hingga Jumat (1/9/2023)," jelas FA.

3. Liverpool menang, meski Van Dijk diusir

Van Dijk Didakwa FA Usai Serang Wasit saat lawan NewcastleStriker Liverpool, Darwin Nunez, usai cetak gol kemenangan ke gawang Newcastle United (Instagram @liverpoolfc)

Meski Van Dijk dikartu merah, Liverpool pada akhirnya bisa menang atas Newcastle. Mereka memang sempat tertinggal lewat aksi dari Anthony Gordon.

Namun, aksi heroik Darwin Nunez di masa injury time berhasil membawa The Reds menang dengan skor 2-1.

Baca Juga: 3 Fakta Menarik Usai Liverpool Comeback Ajaib Atas Newcastle

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya