Virgil van Dijk Terancam Dihukum Lebih Berat, Kenapa?

Reaksi Van Dijk usai dapat kartu merah jadi permasalahan

Jakarta, IDN Times - Kapten Liverpool, Virgil van Dijk terancam mendapat hukuman tambahan dari federasi sepak bola Inggris (FA). Hal itu terjadi atas tindakan kontroversialnya usai mendapat kartu merahnya di laga melawan Newcastle United, Minggu (27/08/2023).

Van Dijk mendapat kartu merah pertama dalam kariernya di Liverpool usai menjatuhkan Alexander Isak pada menit ke-28. Wasit John Brooks menilai tindakan pemain asal Belanda itu sebagai bentuk kekerasan sehingga dikenakan larangan satu pertandingan.

1. Dinilai melakukan perilaku tidak pantas

Virgil van Dijk Terancam Dihukum Lebih Berat, Kenapa?Virgil van Dijk (twitter.com/VirgilvDijk)

Usai mendapat kartu merah, Van Dijk kemudian berulah. Dia terlihat meneriakkan umpatan "lelucon sialan" setelah wasit menghukumnya. Hal itu dinilai sebagai perilaku tidak pantas.

Kemarahan Van Dijk pun berlanjut saat berjalan dengan keluar lapangan. Dia terlibat pertengkaran sengit kala mengungkapkan ketidaksenangannya kepada ofisial keempat, Craig Pawson.

Baca Juga: Darwin Nunez Selamatkan Liverpool, Van Dijk Berterima Kasih

2. Bergantung pada laporan ofisial

Virgil van Dijk Terancam Dihukum Lebih Berat, Kenapa?Virgil van Dijk (skysports.com)

Mantan wasit Premier League, Mike Dean, mengatakan kasus Van Dijk berpotensi menjadi contoh dari upaya FA mengurangi perilaku tak pantas musim ini. Dean juga mengklaim lamanya hukuman bergantung pada laporan yang ditulis ofisial.

"Tergantung pada apa yang tertulis dalam laporan wasit, Van Dijk mungkin akan mendapat masalah lebih lanjut dengan otoritas sepak bola," ujar Dean dilansir Daily Mail.

3. Klopp sebut tak ada kontak fisik

Virgil van Dijk Terancam Dihukum Lebih Berat, Kenapa?potret Jurgen Klopp saat Liverpool melawan Everton. (twitter.com/Squawka)

Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, menilai wasit telah membuat keputusan yang salah. Menurutnya, Van Dijk tak pantas diberikan kartu merah lantaran tidak ada kontak fisik.

“Hampir tidak ada kontak, sangat sedikit, dan itu menuju ke arah bola, tapi apa yang bisa saya katakan? Keputusannya begini, saya tidak bisa mengubahnya dan saya tidak menginginkannya," kata Klopp.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Virgil van Dijk, Bek Tangguh Andalan Liverpool

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya