5 Pelatih Debutan di Piala Dunia 2022, Ada Luis Enrique

Ada pula Hansi Flick yang jadi bos Timnas Jerman

Piala Dunia 2022 Qatar segera hadir menghibur para pencinta sepak bola di seluruh dunia. Sepak bola sebagai olahraga paling populer di muka bumi memang memiliki daya tarik tersendiri bagi seluruh penikmatnya. Begitu pun dengan Piala Dunia yang merupakan turnamen 4 tahunan.

Segala aspek dari Piala Dunia 2022 turut menjadi perhatian masyarakat. Mulai dari persiapan negara tuan rumah, jadwal pertandingan, hingga pembagian grup negara-negara peserta.

Satu hal yang tidak luput dari pemberitaan mengenai Piala Dunia 2022 yaitu hadirnya pelatih-pelatih debutan di ajang ini. Hadirnya pelatih baru di Piala Dunia akan menambah keseruan.

Untuk itu, mari kita mengenal lima pelatih debutan di Piala Dunia 2022.

1. Hansi Flick (Jerman)

5 Pelatih Debutan di Piala Dunia 2022, Ada Luis EnriqueHansi Flick (instagram.com/dfb_team)

Pelatih satu ini dikenal dengan cerita spektakulernya saat membawa Bayern Munich meraih treble winner kedua dalam sejarah klub. Ia mampu mendapatkan itu pada musim pertamanya menjabat sebagai kepala pelatih.

Sepak terjangnya saat melatih Bayern Munich itu kemudian menjadi landasan Flick terpilih sebagai pelatih Timnas Jerman di Piala Dunia 2022 Qatar. Ia menggantikan Joachim Loew.

Hansi Flick cukup mengenal dunia kepelatihan di tim nasional. Dirinya sudah pernah menjabat menjadi asisten pelatih Timnas Jerman pada 2006—2014. Flick menjadi saksi kedigdayaan Jerman sebagai juara di Piala Dunia 2014 Brasil.

Flick sejauh ini mengantongi catatan positif sebagai pelatih Timnas Jerman yang ditunjuk pada Agustus 2021. Timnas Jerman belum pernah merasakan kekalahan selama ia menjabat sebagai pelatih.

2. Hajime Moriyasu (Jepang)

5 Pelatih Debutan di Piala Dunia 2022, Ada Luis EnriqueHajime Moriyasu (twitter.com/jfa_en)

Hajime Moriyasu mungkin bukan nama pertama yang terlintas untuk menjadi pelatih Timnas Jepang setelah kegagalan mereka di Piala Dunia 2018 Rusia. Namun, setelah Akira Nishino diganti, Moriyasu menggeser beberapa nama yang dikabarkan mengisi posisi pelatih Timnas Jepang, seperti Jurgen Klinsmann atau Arsene Wenger.

Asosiasi Sepak Bola Jepang (JFA) menunjuk dirinya pada Agustus 2018 untuk menakhodai Timnas Jepang. Pelatih berusia 54 tahun ini sebelumnya menukangi Timnas Jepang U-21 di Olimpiade 2020 Tokyo. Samurai Biru—julukan timnas Jepang—hanya dapat meraih posisi keempat setelah kalah 1-3 dari Meksiko.

Baca Juga: 5 Catatan Impresif Hansi Flick Bersama Timnas Jerman 

3. Lionel Scaloni (Argentina)

5 Pelatih Debutan di Piala Dunia 2022, Ada Luis EnriqueLionel Scaloni (instagram.com/afaseleccion)

Lionel Scaloni adalah pelatih yang berhasil membawa Argentina menjadi kampiun Copa America 2021. Mereka juara setelah menaklukkan Brasil 1-0 di final.

Pelatih muda ini juga berhasil mengejutkan publik sepak bola dengan mengalahkan Italia di Finalissima 2022 dengan skor mencolok 3-0. Sejak dipilih menggantikan Jorge Sampaoli pada Agustus 2018, Scaloni bisa memberikan dampak positif bagi skuad La Albiceleste.

Kekalahan terakhir yang diderita Timnas Argentina di bawah asuhan Scaloni ialah pertemuan dengan Brasil di Semifinal Copa America 2019. Hal tersebut membuat Scaloni menjadi pelatih timnas Argentina dengan catatan tak terkalahkan terbanyak, menggeser rekor sebelumnya yang diraih Marcelo Bielsa pada 2000—2002.

4. Otto Addo (Ghana)

5 Pelatih Debutan di Piala Dunia 2022, Ada Luis EnriqueOtto Addo (instagram.com/otto_addo_)

The Black Stars berhasil menjadi tim pertama dari Afrika yang lolos ke Piala Dunia 2022 berkat tangan dingin pelatih yang lahir di Jerman ini. Otto Addo sekaligus menjadi orang berkewarganegaraan Ghana pertama yang tampil di Piala Dunia sebagai pemain dan pelatih.

Prestasi Addo yang berhasil membawa Timnas Ghana bermain di Piala Dunia 2022 diapresiasi dengan baik oleh publik Ghana. Apalagi Ghana sendiri sempat absen di Piala Dunia edisi sebelumnya.

Langkah yang harus ditempuh Addo dan Timnas Ghana cukup terjal di Piala Dunia 2022. Mereka harus berhadapan dengan Portugal, Uruguay, dan Korea Selatan pada fase grup.

5. Luis Enrique (Spanyol)

5 Pelatih Debutan di Piala Dunia 2022, Ada Luis EnriqueLuis Enrique (twitter.com/SEFutbol)

Luis Enrique sudah dikenal baik oleh publik Spanyol sebagai pemain dan pelatih. Masa terbaiknya terjadi saat menjabat sebagai pelatih Barcelona, klub raksasa dari Catalan. Dirinya berhasil mengisi 3 musim bersama Barcelona dengan banyak trofi bergengsi, termasuk trofi Liga Champions Eropa.

La Furia Roja—julukan Timnas Spanyol—mulai dipimpin oleh Enrique setelah tragedi di Piala Dunia 2018 Rusia. Saat itu, pelatih yang bertanggung jawab menukangi Timnas Spanyol, Julen Lopetegui, dipecat 2 hari sebelum pertandingan pertama Spanyol di Piala Dunia. Pelatih pengganti saat itu hanya bisa membawa Spanyol sampai ke enam belas besar setelah kalah melawan tuan rumah Rusia.

Enrique sempat vakum untuk melatih Spanyol dan digantikan sementara oleh asistennya, Robert Moreno. Di Piala Dunia 2022, Enrique siap menemani Timnas Spanyol di acara akbar 4 tahunan itu untuk pertama kali. Spanyol harus berhadapan dengan Jerman, Jepang, dan Kosta Rika sebelum melaju ke babak playoff.

Pelatih debutan dan pelatih berpengalaman saling berhadapan di Piala Dunia 2022 Qatar. Patut ditunggu seperti apa keseruan yang disajikan negara-negara peserta mulai 20 November 2022.

Baca Juga: 5 Rekrutan Pertama Luis Enrique sebagai Pelatih Barcelona

Satrio Wahyu Photo Writer Satrio Wahyu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya