Comscore Tracker

Harga Bola Piala Dunia 2022: Ternyata Dibuat di Indonesia

Al Rihla diproduksi di Kabupaten Madiun, Jawa Timur

Piala Dunia 2022 di Qatar telah digelar dari tanggal 20 November lalu dan masih terus berjalan. Kompetisi internasional ini menghadirkan 32 negara yang akan saling berhadapan dengan satu sama lain untuk mengejar gelar juara. Meski tidak tergabung sebagai 32 negara yang akan berlaga di Piala Dunia 2022, Indonesia juga terlibat dalam ajang perhelatan akbar sepak bola tersebut.

Salah satu produk Indonesia menghiasi lapangan Piala Dunia 2022 yang dilaksanakan di Qatar, yaitu bola resmi Piala Dunia 2022 yang ternyata adalah produk buatan Indonesia. Bola bernama Al Rihla tersebut dibuat oleh PT Global Way Indonesia (GWI) yang berlokasi di Kabupaten Madiun, Jawa Timur. Nama Al Rihla sendiri berasal dari bahasa Arab yang artinya 'perjalanan'. Al Rihla adalah bola ke-14 yang diproduksi oleh PT Global Way bersama Adidas.

Suatu kebanggan tersendiri karena Adidas mempercayakan PT Global Way Indonesia untuk memproduksi bola resmi Piala Dunia tersebut. Bola Al Rihla disertai dengan teknologi tinggi karena bola ini didesain untuk mengimbangi kecepatan gerak para pemain dengan akurasi dan juga stabilitas yang sudah diukur.

Bola ini mengusung dua teknologi baru, yaitu CTR-CORE dan Speedshell. Lalu, kira-kira berapa ya, harga bola resmi Piala Dunia 2022 ini?

Baca Juga: Fakta Unik Al Rihla, Bola Resmi Piala Dunia 2022, Diproduksi di Madiun

Harga Bola Piala Dunia 2022: Ternyata Dibuat di IndonesiaAl Rihla, bola untuk Piala Dunia 2022. (Dok. Adidas)

Harga bola ini tidak sama untuk setiap jenisnya, tergantung dari isinya. Bola Al Rihla Club Ball yang paling murah ini dihargai sebesar Rp314 ribu. Ada juga jenis Al Rihla dengan harga yang sedikit lebih mahal, yaitu Al Rihla Training Ball dengan harga Rp471 ribu. Selanjutnya, ada Al Rihla League Ball dengan harga Rp628 ribu, sampai dengan Al Rihla Competition Ball yang berada di harga Rp942 ribu.

Dari banyaknya jenis Al Rihla yang ditawarkan Adidas, untuk Piala Dunia 2022 yang digelar di Qatar sendiri menggunakan Al Rihla Pro Ball yang dibanderol dengan harga Rp2,59 juta, jauh lebih mahal karena dibutuhkan presisi yang lebih tinggi.

Topic:

  • Bella Manoban
  • Langgeng Irma Salugiasih

Berita Terkini Lainnya