Skuad Qatar saat Debut di Piala Dunia 2022, Ada yang Kenal?

Dinahkodai Hassan Al-Haydos

Jakarta, IDN Times - Qatar akan menjalani debutnya di Piala Dunia pada edisi 2022. Berstatus tuan rumah, Qatar berharap bisa menciptakan kejutan pada pesta sepak bola terbesar empat tahunan kali ini.

Demi tampil di Piala Dunia 2022, Qatar membawa skuad terbaiknya. Hassan Al Haydos akan diplot sebagai kapten, karena pengalaman dan jiwa kepemimpinannya.

Kendati tampil sebagai debutan di Piala Dunia 2022, Qatar bisa saja jadi kuda hitam di Grup A. Meski dikepung Ekuador, Belanda, dan Senegal, Qatar diyakini bisa tampil impresif karena main di kandang dan sudah beradaptasi dengan iklim di negara sendiri.

Baca Juga: 10 Kandidat Juara Piala Dunia 2022, Siap Kibarkan Kemenangan

1. Pemain bintang Qatar di Piala Dunia 2022

Skuad Qatar saat Debut di Piala Dunia 2022, Ada yang Kenal?Hassan Al-Haydos sebagai pemain bintang skuad Qatar Piala Dunia 2022 (instagram.com/hassanalhaydos)

Pelatih Felix Sanchez mengandalkan sejumlah pemain kunci yang diharapkan bisa menjadi penentu nasib The Maroons ke depannya. Biar gak penasaran, inilah pemain bintang skuad Qatar Piala Dunia 2022.

1. Hassan Al-Haydos (Al Sadd)

Hassan Al-Haydos merupakan pemain kunci skuad Qatar Piala Dunia 2022 yang sebelumnya berpartisipasi dalam Piala Asia 2019. Striker kelahiran tahun 1990 ini terbilang serbabisa, karena mampu main sebagai nomor sembilan dan penyerang sayap.

Sepanjang kariernya bersama Al Annabi, Al Haydos telah menyumbang 38 gol. Dengan pengalaman di kancah internasional sejak masih 14 tahun, Al Haydos menjadi pemain yang paling berpengalaman.

2. Saad Al Sheeb (Al Sadd)

Felix Sanchez menyiapkan tiga penjaga gawang, salah satunya Saad Al Sheeb. Kariernya bersama Timnas Qatar dimulai sejak 2009.

Menariknya, Al Sheeb berturut-turut mengamankan gelar Al Saad di di Qatar Stars League. Tak sampai di situ, pria kelahiran 1990 ini juga dianugerahi penghargaan Kiper Terbaik di Piala Asia 2019.

Tak hanya mencatatkan lebih dari 75 caps internasional, kiper setinggi 1,85 meter ini sempat tampil di sejumlah turnamen internasional bergengsi, seperti Piala Asia, Copa America (undangan), dan Piala Emas CONCACAF (undangan).

3. Almoez Ali (Al-Duhail)

Skuad Qatar Piala Dunia 2022 rasanya tak lengkap tanpa Almoez Ali. Penyerang kelahiran tahun 1996 ini merupakan pencetak gol terbanyak untuk Al Annabi di Piala Emas 2021 dan Piala Asia 2019.

Kerennya lagi, Ali juga didapuk sebagai satu-satunya pemain di dunia yang sukses membobol gawang lawan dalam tiga kejuaraan sepak bola kontinental berbeda. Dengan torehan 39 gol, penembak jitu ini dikenal sebagai pencetak gol terbanyak ketiga sepanjang masa di Qatar, mendekati top skor Mansour Muftah dengan 44 gol.

Berkat kepiawaiannya di lapangan, penyerang setinggi 1,8 m ini dianugerahi sepatu emas di Piala Emas CONCACAF di mana Qatar melaju hingga babak semifinal.

4. Abdelkarim Hassan (Al Sadd)

Tak hanya Saad Al Sheeb, Al Sadd juga menyerahkan Abdelkarim Hassan untuk mengisi posisi bek squad Qatar Piala Dunia 2022. Sejauh ini, Hassan telah mengumpulkan caps internasional terbanyak ketiga untuk Qatar dengan 120 pertandingan.

Berkat kecepatan, dribbling berbakat, dan tembakan roketnya, bek kelahiran tahun 1993 ini mendapat julukan The Gunner alias penembak dan The Flamethrower alias penyembur api. Dengan torehan mengagumkan kala kontra Yaman di Piala Teluk 2019, Hassan menyumbang fleksibilitas yang dibutuhkan di lini belakang

Baca Juga: 7 Hadiah Piala Dunia yang Fantastis, Tembus Rp6 Triliun!

2. Skuad Qatar Piala Dunia 2022

Skuad Qatar saat Debut di Piala Dunia 2022, Ada yang Kenal?ilustrasi kemenangan squad Qatar di Piala Asia 2019 (twitter.com/wakabettz)

Felix Sanchez menyiapkan 26 daftar nama yang tergabung dalam skuad Qatar Piala Dunia 2022. Cek rinciannya di bawah ini.

Kiper

  1. Saad Al Sheeb (Al-Saad)
  2. Meshaal Barsham (Al-Saad)
  3. Yousef Hassan (Al-Gharafa)

Bek

  1. Abdelkarim Hassan (Al-Saad)
  2. Boualem Khoukhi (Al-Saad)
  3. Ro-Ro (Al-Saad)
  4. Tarek Salman (Al-Saad)
  5. Bassam Al-Rawi (Al-Duhail)
  6. Musab Kheder (Al-Saad)
  7. Homam Ahmed (al-Gharafa)
  8. Jassem Gaber (Al-Arabi)
  9. Ismael Mohammad (Al-Duhail)

Gelandang

  1. Karim Boudiaf (Al-Duhail)
  2. Abdulaziz Hatem (Al-Rayyan)
  3. Ali Assadalla (Al-Saad)
  4. Assim Madibo (AL-Duhail)
  5. Mohammed Waad (Al-Saad)
  6. Salem Al-Hajri (Al-Saad)
  7. Mostafa Tarek (Al-Saad)

Penyerang

  1. Hassan Al-Haydos (Al-Saad)
  2. Akram Afif (Al-Saad)
  3. Almouz Ali (Al-Duhail)
  4. Mohammed Muntari (Al-Duhail)
  5. Ahmed Alaaeldin (Al-Gharafa)
  6. Khalid Muneer (Al-Wakrah)
  7. Naif Al-Hadhrami (Al-Rayyan)

Itulah skuad Qatar Piala Dunia 2022 yang debut sekaligus menjadi tuan rumah Piala Dunia edisi 22. The Maroons memulai laga perdananya kontra Ekuador pada 20 November 2022 di Stadium Al Bayt Al Khor.

Baca Juga: 20 Pelatih Juara Piala Dunia, Terbaru Didier Deschamps

Topik:

  • Bella Manoban
  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya