Skuad Resmi Polandia di Piala Dunia 2022, Lewandowski Jadi Kunci

Perkuat lini tengah dengan formasi 3-5-2

Jakarta, IDN Times - Pelatih Czeslaw Michniewicz mengumumkan 26 pemain yang akan memperkuat skuad Polandia Piala Dunia 2022. Dia masih mengandalkan nama-nama senior, salah satunya Robert Lewandowski.

Sebelum ditangani Czeslaw, Polandia sempat dipegang Paulo Sousa saat mentas di babak kualifikasi. Susah payah dengan menempati posisi runner-up kualifikasi zona UEFA Grup I, mereka harus melewati jalur play-off untuk pergi ke Qatar.

Setelah itu, mereka tampil cemerlang dengan mengandaskan Swedia 2-0. Hanya saja, Paulo memilih hengkang lantaran pulang kampung demi menukangi Flamengo, yang tampil di kompetisi kasta tertinggi Brasil. 

Kini, di tangan Czeslaw, Polandia ingin membuat prestasi terebaiknya dengan melaju lebih jauh. Dengan diperkuat pemain seperti Lewandowski, negara ini bakal jadi salah satu kontestan yang diperhitungkan di Grup C bersama Argentina, Arab Saudi, dan Meksiko.

Skuad Polandia Piala Dunia 2022 mengemban misi untuk menghapuskan kenangan buruk usai tersingkir dari fase grup Piala Dunia edisi sebelumnya. Mereka punya mimpi untuk mengantarkan Polandia melebihi prestasi pada edisi 1974 dan 1982 yang mampu menduduki peringkat tiga.

Baca Juga: 5 Negara Eropa yang Pernah Menjuarai Piala Dunia, Mana Tersukses?

1. Pemain bintang skuad Polandia Piala Dunia 2022

Skuad Resmi Polandia di Piala Dunia 2022, Lewandowski Jadi KunciRobert Lewandowski sebagai pemain bintang skuad Polandia Piala Dunia 2022 (twitter.com/lewy_official)
  •  Robert Lewandowski

Salah satu pemain bintang skuad Polandia Piala Dunia 2022 tak lain adalah sang kapten, Robert Lewandowski. Meski belum pernah mengecap manisnya gol kemenangan, pemain berusia 34 tahun ini menjadi kunci nasib skuad Elang Putih.

Sepanjang kariernya, Lewandowski telah menciptakan 134 caps untuk Timnas Polandia. Tak cuma itu, penyerang tajam ini juga mencatatkan 76 gol untuk Polandia dan 25 gol dalam dua kiprah kualifikasi Piala Dunia terakhir.

  • Wojciech Szczesny

Demi menjaga pertahanan gawang, Michniewicz menjatuhkan pilihannya pada pemain bintang Juventus Wojciech Szczęsny. Pemain bintang skuad Polandia Piala Dunia 2022 ini merupakan satu di antara 11 pesepak bola asal Polandia yang berkiprah di Italia.

Kiper kelahiran tahun 1990 ini tercatat pertama kali membela Polandia sejak tahun 2009. Bergabung pada umur 15 tahun, pria setinggi 195 sentimeter ini menjadi andalan Arsenal sejak berusia 20 tahun.

  • Damian Szymanski

Michniewicz juga memanggil pemain-pemain AEK Athens Damian Szymanski untuk menjaga lini tengah yang selama ini dinilai jadi titik lemah skuad Polandia. Torehan peringkat dua timnya di Liga Super Yunani membuktikan permainan gemilang Damian di lapangan.

Mengawali kariernya bersama GKS Bełchatów, pesepak bola kelahiran tahun 1995 ini debut di timnas Polandia pada tahun 2018. Gol pertamanya bersama Polandia tercipta kala melawan Inggris pada babak kualifikasi Piala Dunia 2022 di Stadion Warsaw.

Baca Juga: Intip Betapa Ngerinya Skuad Prancis di Piala Dunia 2022

2. Daftar skuad resmi Polandia di Piala Dunia 2022

Skuad Resmi Polandia di Piala Dunia 2022, Lewandowski Jadi Kunciilustrasi skuad Polandia Piala Dunia 2022 (twitter.com/IndySport)

Kiper:

  1. Wojciech Szczęsny (Juventus/Italia)
  2. Lukasz Skorupski (Bologna/Italia)
  3. Bartlomiej Dragowski (Spezia/Italia)

Bek:

  1. Matty Cash (Aston Villa/Inggris)
  2. Robert Gumny (Augsburg/Jerman)
  3. Bartosz Bereszynski (Sampdoria/Italia)
  4. Kamil Glik (Benevento/Italia)
  5. Jan Bednarek (Aston Villa/Inggris)
  6. Jakub Kiwior (Spezia/Italia )
  7. Mateusz Wieteska (Clermont/Prancis)
  8. Artur Jędrzejczyk (Legia Warszawa)
  9. Nicola Zalewski (Roma/Italia)

Gelandang:

  1. Grzegorz Krychowiak (Al-Shabab/Arab Saudi)
  2. Krystian Bielik (Birmingham City/Inggris)
  3. Damian Szymanski (AEK Athens/Yunani)
  4. Piotr Zielinski (Napoli/Italia)
  5. Sebastian Szymanski (Feyenoord/Belanda)
  6. Szymon Zurkowski (Fiorentina /Italia)
  7. Jakub Kaminski (Wolfsburg/Jerman)
  8. Przemysław Frankowski (Lens/Prancis)
  9. Kamil Grosicki (Pogon Szczecin)
  10. Michal Skoras (Lech Poznań)

Striker:

  1. Robert Lewandowski (Barcelona/Spanyol)
  2. Karol Swiderski (Charlotte FC/AS)
  3. Arkadiusz Milik (Juventus/Italia)
  4. Krzysztof Piatek (Salernitana/Italia).

Nah, itulah daftar resmi skuad Polandia Piala Dunia 2022 yang dinanti. Pasukan Czeslaw Michniewicz ini diprediksi bakal menerapkan formasi 3-5-2 guna menguatkan lini tengah.

Baca Juga: 5 Pelatih Termuda yang akan Adu Taktik di Piala Dunia 2022

Topik:

  • Bella Manoban
  • Jumawan Syahrudin
  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya