Piala FA: Misi Berat Manchester United ke Stamford Bridge

Tak pernah menang lawan Chelsea pada 9 laga terakhir di sana

Belum lepas dari rasa terpuruk akibat kekalahan 0-2 di kandang sendiri dari Paris Saint-Germain, Manchester United sudah harus melakoni laga berat menghadapi Chelsea di kandang lawan. MU akan berhadapan dengan Chelsea dalam laga babak ke-5 Piala FA di Stamford Bridge, Selasa (19/02) nanti.

Mengutip manutd.com, dalam sebuah konferensi pers pada Jumat sore kemarin waktu setempat, caretaker Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer mengakui kalau para pemainnya merasa terpuruk. Namun manajer berkebangsaan Norwegia tersebut melanjutkan bahwa tidak ada alasan bagi para pemainnya berlama-lama dengan perasaan tersebut.

MU akan bertandang ke Stamford Bridge Stadium dengan misi memenangkan laga atau setidaknya menahan imbang untuk kemudian melakoni pertandingan replay di Old Trafford Stadium, kandangnya. Kalah, dengan skor berapapun, akan membuat MU tersingkir dari turnamen.

Berikut beberapa alasan untuk menyebut misi tersebut di atas terbilang berat.

1. Rasa percaya diri pemain Chelsea telah bangkit kembali

Piala FA: Misi Berat Manchester United ke Stamford Bridgeeurosport.co.uk

Sebenarnya para pemain Chelsea juga baru mengalami rasa terpuruk akibat kekalahan memalukan 0-6 dari Manchester City pada laga matchday 26 akhir pekan lalu. Namun rasa percaya diri mereka praktis bangkit kembali setelah sukses menaklukkan Malmo 2-1 pada laga leg 1 babak 32 besar Liga Eropa, Jumat (15/02) dinihari kemarin. Terlebih kemenangan tersebut mereka dapatkan di kandang lawan, di Swedbank Stadion, Malmo, Swedia.

Melansir Reuters, manajer Chelsea Maurizio Sarri mengungkapkan rasa gembiranya atas rasa percaya diri para pemainnya seusai pertandingan. Menurutnya, tidak mudah untuk bisa bermain dengan rasa percaya diri setelah kekalahan telak pada pertandingan sebelumnya.

2. Chelsea adalah juara bertahan musim lalu

Piala FA: Misi Berat Manchester United ke Stamford BridgeGetty Images via 101greatgoals.com

Chelsea adalah juara Piala FA musim 2017/2018. Pada pertandingan final yang digelar di Wembley Stadium, Chelsea menundukkan Manchester United 1-0. Gol semata wayang Chelsea diciptakan oleh Eden Hazard pada menit ke-22 melalui titik penalti.

Seluruh pemain yang turun pada pertandingan final tahun lalu tersebut saat ini masih bertahan di Manchester United. Kemungkinan besar mereka akan diturunkan kembali pada laga Selasa nanti. Bisa dibayangkan rasa sakit yang masih tersisa di hati para pemain oleh kekalahan yang menyesakkan tersebut.

Baca Juga: Liga Eropa: Bangkit, Chelsea Raih Kemenangan di Markas Malmo

3. Chelsea tak pernah kalah dalam 9 pertandingan terakhir melawan MU di Stamford Bridge

Piala FA: Misi Berat Manchester United ke Stamford Bridgedailypost.ng

Chelsea selalu tampil trengginas setiap kali bertanding melawan MU di Stamford Bridge. Data statistik menunjukkan kalau Chelsea tak pernah kalah dalam 9 laga terakhir melawan MU di Stamford Bridge. Laga terakhir kedua tim di Stamford Bridge, pada matchday 9 Liga Primer musim 2018/2019 Juli tahun silam, berakhir imbang 2-2.

Kemenangan terakhir Chelsea atas MU di Stamford Bridge terjadi pada laga Liga Primer musim 2017/2018. Kala itu Chelsea menundukkan MU dengan skor 1-0. Sedang kekalahan terakhir Chelsea atas MU di Stamford Bridge terjadi pada laga Liga Primer musim 2012/2013. Saat itu Chelsea tunduk 2-3.

4. Chelsea singkirkan MU pada 4 pertemuan terakhir di Piala FA

Piala FA: Misi Berat Manchester United ke Stamford Bridgeeurosport.co.uk

Khusus di Piala FA, Chelsea sukses menyingkirkan MU di 4 pertemuan terakhir mereka.  Terakhir Chesea menaklukkan MU di final Piala FA musim lalu dengan skor 1-0. Sebelumnya, pada perempat final Piala FA musim 2016/2017, Chelsea menundukkan MU juga dengan skor 1-0.

Sebelumnya lagi, Chelsea menyingkirkan MU pada perempat final Piala FA musim 2012/2013. Chelsea menang 1-0 pada pertandingan replay setelah sebelumnya bermain imbang 2-2 di Old Trafford. Sedang pada Piala FA musim 2006/2007 Chelsea mengalahkan MU di final dengan skor 1-0 melalui babak pertambahan waktu.

Baca Juga: Solskjaer Sebut Kekalahan MU Atas PSG Sebagai "Pengecekan Realitas"

Sori Siregar Photo Verified Writer Sori Siregar

Menulis untuk mengekspresikan pikiran, ide dan gagasan. Syukur, kalau bisa menebarkan kemaslahatan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya