Kenalin! Roberto Carlos Mario Gomez, Calon Pelatih Baru PERSIB Bandung

Sudah berpengalaman di Eropa juga, lho!

PERSIB Bandung akhirnya resmi menunjuk Roberto Carlos Mario Gomez sebagai pelatih baru mulai Selasa, 28 November 2017. Hal ini diumumkan langsung melalui situs resmi klub berjuluk Maung Bandung tersebut, persib.co.id.

Dalam situs resmi tersebut, PERSIB juga mengumumkan bahwa mereka akan mengikat Mario Gomez sebagai pelatih dalam durasi 2 tahun. Meski begitu, Mario Gomez saat ini masih belum berada di Bandung.

Dilansir dari persib.co.id, ia masih berada di negara asalnya, Argentina. Ia kabarkan dijadwalkan baru akan berada di Indonesia mulai Desember mendatang.

Omong-omong soal nama Mario Gomez jelas belum terlalu familiar bagi para penikmat sepak bola Indonesia. Hal ini dikarenakan PERSIB adalah klub Indonesia pertama yang ia latih.

Meski begitu, pria kelahiran Mar del Plata, Argentina, 27 Februari 1957 tersebut telah lumayan sering malang melintang di sepak bola Asia. Berdasarkan data dari Transfermarkt, Mario Gomez pernah melatih klub asal Hong Kong, South China AA selama 15 Desember 2014-28 April 2015.

Ia juga pernah melatih klub asal Malaysia, Johor DT selama 28 April 2017-18 Januari 2017. Tak hanya itu, ia juga sempat menangani tim nasional Malaysia selama 25 Maret 2017-14 Mei 2017.

Pengalaman tiga tahun Mario Gomez di kancah sepak bola Asia jelas melahirkan optimisme baru untuk PERSIB. Klub berjuluk Maung Bandung tersebut jelas berharap Mario Gomez mampu membawa mereka kembali ke klub papan atas Liga 1 Indonesia untuk musim depan.

PERSIB musim ini hanya mampu finis di urutan ke-13 di klasemen akhir Liga 1 Indonesia.

Prestasi mentereng di Malaysia.

Kenalin! Roberto Carlos Mario Gomez, Calon Pelatih Baru PERSIB Bandunggoal.com

Kualitas Mario Gomez sebagai seorang pelatih tidak perlu diragukan ragu. Ia telah membuktikan tangan dinginnya kala melatih klub Malaysia, Johor Darul Ta'zim.

Dilansir dari goal.com, Mario Gomez berhasil membawa Johor DT menjuarai Liga Super Malaysia 2015. Charity Shield Malaysia 2016, serta yang paling mentereng membawa pulang Piala AFC 2015.

Berpengalaman di sejumlah klub Eropa.

Kenalin! Roberto Carlos Mario Gomez, Calon Pelatih Baru PERSIB Bandungespnfc.com

Mario Gomez juga sempat menimba ilmu di sejumlah klub tenar Benua Eropa. Ia sempat menjadi asisten pelatih dari RD Valencia CF dan Inter Milan.

Ia menjadi asisten pelatih Inter Milan yang kala itu masih ditukangi oleh Hector Cuper. Mario Gomez menjadi asisten Cuper dalam 102 pertandingan, dari 1 Juli 2001 hingga 30 Juni 2003.

Mario Gomez juga sempat menjajal peruntungan sebagai pelatih klub Spanyol, RD Mallorca dari 1 Juli 1999 hingga 30 Agustus 1999. Selain klub-klub tersebut, ia juga telah banyak melatih klub-klub di negara asalnya, Argentina.

Sri Mulyati Photo Verified Writer Sri Mulyati

Seorang penumpang yang biasa duduk di dekat jendela

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya