Comscore Tracker

Rapor 9 Pemain Atletico Madrid yang Dipinjamkan ke Klub Lain

Masih belum tampil maksimal

Meski terancam keluar dari posisi empat besar klasemen LaLiga, sejatinya skuad Atletico Madrid masih memadai untuk mengarungi musim 2021/2022. Apalagi kedatangan Rodrigo de Paul, Matheus Cunha, dan Antoine Griezmann menjadi tambahan amunisi yang luar biasa.

Meski begitu, keberadaan pemain berkualitas di setiap posisi membuat sejumlah pemain Atletico Madrid terpaksa minggat. Mereka dipinjamkan ke klub lain untuk mendapatkan porsi bermain yang cukup pada 2021/2022 ini.

1. Saul Niguez (Chelsea)

Rapor 9 Pemain Atletico Madrid yang Dipinjamkan ke Klub LainSaul Niguez tampil berkostum Chelsea dalam laga melawan Tottenham Hotspur. (twitter.com/saulniguez)

Saul Niguez sukses menjadi pemain andalan Atletico Madrid dalam beberapa tahun terakhir. Ia terhitung sebagai salah satu gelandang terbaik di LaLiga. Namun, kedatangan Rodrigo de Paul membuat posisinya tak lagi aman.

Saul juga sempat mengeluh karena dimainkan di luar posisi aslinya sebagai gelandang tengah oleh Diego Simeone. Karena itulah, musim ini, ia memilih merantau ke Inggris dengan menerima pinangan Chelsea sebagai pemain pinjaman.

Nasibnya di Stamford Bridge ternyata tidak lebih baik. Setelah debut yang buruk pada pekan keempat Premier League, gelandang berusia 27 tahun itu baru diturunkan dalam 13 laga di semua kompetisi. Ia lebih banyak duduk di bangku cadangan. Meski begitu, Saul sukses menjadi pemain kunci Chelsea di Piala Liga.

2. Alvaro Morata (Juventus)

Rapor 9 Pemain Atletico Madrid yang Dipinjamkan ke Klub LainAlvaro Morata melakukan selebrasi bersama rekan-rekannya. (instagram.com/alvaromorata)

Alvaro Morata dipermanenkan dari Chelsea pada pembukaan bursa transfer musim panas 2020 dengan biaya mencapai Rp608 miliar. Namun, 2 bulan kemudian, ia hijrah ke Turin untuk membela Juventus dengan status pinjaman.

Musim ini, striker yang sempat dikejar Barcelona itu baru mengoleksi 7 gol dan 5 assist dari 27 laga di semua kompetisi. Performa tersebut tentu belum mampu meyakinkan manajemen Juventus untuk mempermanenkan kontraknya akhir musim nanti.

3. Manu Sanchez (Osasuna)

Rapor 9 Pemain Atletico Madrid yang Dipinjamkan ke Klub LainManu Sanchez melakukan selebrasi usai mencetak gol untuk Osasuna. (instagram.com/manuelsanchez6)

Manu Sanchez dihadiahi debut oleh Diego Simeone pada 2019 lalu di LaLiga. Sejak saat itu, bek kiri produk akademi Atletico Madrid ini telah memainkan tujuh laga untuk tim utama.

Keberadaan Renan Lodi kemudian membuatnya kesulitan menambah menit bermain. Karena itu, manajemen memilih memperpanjang masa peminjamannya di Osasuna.

Musim ini, pemain berusia 21 tahun itu mampu tampil impresif. Ia menorehkan 1 gol dan 2 assist dari 18 laga di LaLiga.

4. Marcos Paulo (Famalicao)

Rapor 9 Pemain Atletico Madrid yang Dipinjamkan ke Klub LainMarcos Paulo saat dipamerkan sebagai pemain baru Famalicao. (instagram.com/mpcosta09)

Marcos Paulo diboyong dari Fluminense pada bursa transfer musim panas lalu secara cuma-cuma. Namun, bercokolnya nama-nama elite di lini serang Atletico Madrid membuatnya harus menjalani masa peminjaman di Famalicao.

Musim ini, winger berusia 20 tahun itu lebih banyak turun dari bangku cadangan. Ia baru mencatatkan 14 laga dan belum mampu membawa klubnya bangkit dari papan bawah Liga Portugal Bwin.

5. Ivo Grbic (Lille)

Rapor 9 Pemain Atletico Madrid yang Dipinjamkan ke Klub LainIvo Grbic melakukan selebrasi saat berkostum Lille. (instagram.com/ivogrbic13)

Ivo Grbic mendarat di Vicente Calderon pada 20 Agustus 2020 setelah ditebus dari NK Lokomotiva dengan mahar Rp61 miliar. Sayangnya, hingga saat ini, pemain asal Kroasia itu baru satu kali tampil mengawal gawang Atletico Madrid.

Akhirnya, Grbic pun memilih hijrah ke Prancis dan bergabung dengan Lille sebagai pemain pinjaman. Pilihan itu terbilang tepat karena ia didapuk menjadi kiper nomor satu di sana.

Sejauh ini, Grbic telah mencatatkan 26 laga dengan kebobolan 27 gol di semua ajang dan mampu mengemas 5 clean sheet. Kiper berusia 26 tahun itu sukses membawa Lille menjadi pemuncak klasemen Grup G Liga Champions dan menjadi penantang Chelsea pada babak 16 besar.

Baca Juga: Rapor 5 Pemain Real Madrid yang Dipinjamkan ke Klub Lain Musim Ini

6. Nehuen Perez (Udinese)

Rapor 9 Pemain Atletico Madrid yang Dipinjamkan ke Klub LainNehuen Perez tampil berkostum Udinese. (instagram.com/nehuen.perez)

Meski telah bergabung sejak 2018, nama Nehuen Perez mungkin terasa asing bagi publik Vicente Calderon. Maklum, hingga saat ini, bek tengah asal Argentina itu belum sekalipun tampil membela Atletico.

Setelah sempat dipinjamkan ke Argentinos Juniors, Famalicao dan Granada, musim ini Perez kembali menjalani masa peminjaman di Udinese. Nasibnya cukup buruk pada pekan-pekan awal Serie A karena kerap jadi pemanis bangku cadangan.

Kini, pemain berusia 21 tahun itu sukses jadi tumpuan utama Udinese. Ia tampil baik di posisi barunya sebagai bek kanan dalam tujuh laga terakhirnya di Serie A.

7. Santiago Arias (Granada)

Rapor 9 Pemain Atletico Madrid yang Dipinjamkan ke Klub LainSantiago Arias tampil berkostum Granada. (instagram.com/santiagoarias13)

Santiago Arias sempat menjadi fullback kanan andalan Diego Simeone pada awal kedatangannya pada 2018/2019. Pemain yang direkrut dari PSV Eindhoven dengan mahar Rp191 miliar itu sukses mencatatkan total 51 laga di semua ajang bersama Atletico Madrid.

Kedatangan Kieran Trippier membuat posisinya tergusur. Arias kemudian dipinjamkan ke Bayern Leverkusen, tetapi cedera fraktur fibula saat membela tim nasional Kolombia membuatnya harus melewatkan sepanjang musim lalu di ruang perawatan.

Musim ini, pemain berusia 30 tahun itu dipinjamkan ke Granada dan telah mencatatkan 10 laga di semua ajang meski lebih banyak tampil dari bangku cadangan. Sayangnya, ia kembali dihinggapi cedera hamstring kala melawan Atletico pada 22 Desember 2021 lalu. Itu membuatnya harus menepi lagi dari lapangan hijau.

8. Victor Mollejo (Tenerife)

Rapor 9 Pemain Atletico Madrid yang Dipinjamkan ke Klub LainVictor Mollejo melakukan selebrasi usai mencetak gol untuk Tenerife. (instagram.com/victormollejo)

Victor Mollejo sudah menjalani debut di tim utama Atletico Madrid saat berusia 17 tahun, tepatnya pada Januari 2019 lalu. Namun, hingga kini, ia baru mencatatkan total empat penampilan di bawah besutan Diego Simeone.

Karena sesaknya pemain berkualitas di lini depan, pemain berusia 20 tahun itu pun sempat dipinjamkan ke Deportivo La Coruna, Getafe, dan Mallorca. Musim ini, Mollejo memilih berkiprah bersama Tenerife di LaLiga 2 sebagai pemain pinjaman.

Eks penggawa timnas Spanyol U-19 itu tampil dalam 18 laga dengan torehan 2 gol. Ia sukses membawa klubnya bersaing di papan atas LaLiga 2.

9. Vitolo (Getafe)

Rapor 9 Pemain Atletico Madrid yang Dipinjamkan ke Klub LainVitolo tampil berkostum Getafe. (instagram.com/vitolomperez20)

Vitolo sukses menjadi supersub Atletico Madrid sejak didatangkan dari Sevilla pada 2017 lalu dengan biaya Rp619 miliar. Hingga kini, ia telah mencatatkan 101 laga dengan sumbangsih 7 gol dan 9 assist di semua kompetisi.

Minimnya porsi bermain yang ia dapatkan musim lalu membuatnya harus memilih untuk dipinjamkan. Bersama Getafe, winger berusia 31 tahun itu baru diturunkan dalam tujuh laga musim ini. Ia sempat diganggu cedera pada September—Oktober tahun lalu dan hingga kini tak kunjung menemukan performa terbaiknya.

Para pemain di atas tampaknya belum mampu menampilkan permainan terbaik mereka. Namun, masih ada kesempatan bagi mereka pada sisa setengah musim ini untuk membuktikan diri.

Baca Juga: Rapor 10 Pemain Juventus yang Dipinjamkan ke Klub Lain Musim Ini

Sugiadi Azhar Photo Verified Writer Sugiadi Azhar

Makasih banyak editorial team IDNTimes udah bikin tulisanku jadi makin keren. From: Pejuang hidup yang bergerak lewat goresan tinta.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya