5 Pemain Liverpool Kian Moncer Pasca Tinggalkan Premier League

Mereka pergi sebelum Liverpool ditangani Jurgen Klopp

Liverpool termasuk tim The Big Four  Premier Lague yang bermarkas di distrik metropolitan Merseyside, berdampingan dengan Everton FC. Lebih berprestasi dari Everton, Liverpool mampu mengoleksi gelar juara liga sebanyak 19 trofi. 

Prestasi itu menjadi salah satu alasan mengapa para pemain sepak bola ingin bermain bersama The Reds. Banyak di antaranya yang kemudian sukses bersama Liverpool, salah satunya Mohamed Salah yang kini menajadi penyerang top dunia. Namun, beberapa lain nyatanya semakin berkembang setelah hengkang dari Liverpool.

Berikut 5 pemain Liverpool semakin sukses setelah memutuskan untuk mengadu nasib di luar Inggris. Siapa saja mereka?

1. Luis Suarez

5 Pemain Liverpool Kian Moncer Pasca Tinggalkan Premier Leaguepotret Suarez (90min.com)

Luis Suarez menjadi salah satu predator buas di sepak bola Eropa dengan keahlian finishing yang memukau. Suarez bergabung dengan Liverpool pada awal tahun 2011 setelah tiga tahun sebelumnya membela Ajax Amsterdam. Bersama The Reds, ia mampu mengoleksi 69 gol dari 110 penampilan dan mampu membawa The Reds menjuarai Carabao Cup di musim pertamanya berseragam Liverpool.

Tiga tahun berselang, Barcelona kepincut untuk merekrutnya. Di Barcelona Suarez pun merasakan masa keemasan kariernya saebagai pemain sepak bola. Sempat tergabung di dalam trio MSN bersama Messi dan Neymar, trio tersebut mengantarkan Blaugrana meraih treble winner pada musim 2014/2015.

2. Xabi Alonso

5 Pemain Liverpool Kian Moncer Pasca Tinggalkan Premier Leaguepotret Xabi Alonso ( Instagram.com/lfc.3rb)

Bermain sebagai gelandang, Xabi Alonso pernah membela Liverpool selama lima tahun, terhitung sejak tahun 2004 hingga 2009. Saat berseragam Liverpool ia mampu mempersembahkan juara Liga Champions 2005 yang populer dengan sebutan The Miracle of Istanbul kala bertandem dengan kapten kebanggaan Liverpool, Steven Gerrard.

Pada tahun 2009, Xabi Alonso resmi bergabung dengan tim raksasa Spanyol, Real Madrid. Bersama Real Madrid, Xabi Alonso kian dikenal sebagai salah satu gelandang terbaik di dunia yang sekaligus sukses mengantarkan Madrid meraih sederet trofi bergengsi.

Baca Juga: 5 Alasan Liverpool Berpotensi Besar Menjuarai Premier League 2021/22

3. Javier Mascherano

5 Pemain Liverpool Kian Moncer Pasca Tinggalkan Premier Leaguepotret Mascherano (skysports.com)

Javier Mascherano berseragam Liverpool pada tahun 2007 hingga 2010. Di Liverpool, ia mampu memainkan laga sebanyak 94 kali dengan torehan 2 gol.

Mascherano hengkang ke Barcelona pada tahun 2010. Meski berposisi awal sebagai gelandang, di Barcelona ia diperankan sebagai bek tengah sebagai pengganti posisi Carles Puyol. Menariknya, peran baru tersebut ternyata membuat permainan Mascherano lebih baik. Bersama Barcelona, Mascherano sukses meraih total 18 trofi dari berbagai ajang.

4. Iago Aspas

5 Pemain Liverpool Kian Moncer Pasca Tinggalkan Premier Leaguepotret Iago Aspas (liverpoolecho.com)

Iago Aspas bergabung dengan Liverpool pada tahun 2013. Didatangkan dari Celta Vigo pada era Brendon Rodgers, Iago Aspas kesulitan menembus skuad utama Liverpool saat itu. Ia gagal menggeser posisi Sterling, Suarez, hingga Sturridge. Akhirnya, Iago Aspas dipinjamkan ke Sevilla untuk menambah menit bermain.

Satu musim bersama Sevilla, ia sukses membawa Sevilla juara piala Eropa pada musim 2014/2015. Setelah masa pinjaman berakhir, akhirnya ia kembali ke klub lamanya, Celta Vigo. Keputusan tersebut adalah langkah tepat. Kariernya di LaLiga kini terbilang cukup gemilang setelah beberapa kali berhasil membela timnas Spanyol di ajang kompetisi bergengsi internasional.

5. Suso

5 Pemain Liverpool Kian Moncer Pasca Tinggalkan Premier Leaguepotret Suso ( en.as.com)

Jesús Joaquín Fernández Sáenz de la Torre, atau lebih dikenal dengan nama Suso, bergabung dengan Liverpool pada tahun 2010 di tim junior The Reds. Suso debut di tim senior pada September 2012.

Tampil kurang impresif selama membela Liverpool, pada musim 2014/2015 Suso menjalani petualangan baru di Italia dengan bergabung bersama AC Milan. Cocok dengan gaya permainan di Italia, Suso tampil sebanyak 126 penampilan dan mengoleksi 21 gol di Milan. Selama 5 tahun berstatus pemain Rossoneri, dia mampu membawa AC Milan keluar dari masa sulitnya. 

Itulah lima dari sekian banyak pemain Liverpool yang bersinar pasca meninggalkan Premier League. Kira-kira siapa lagi mantan pemain Liverpool yang makin sukses setelah keluar dari Inggris versimu?

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Brentford Mampu Menembus Papan Atas Premier League

Syahrul Fauzi Photo Verified Writer Syahrul Fauzi

You'll Never Walk Alone

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya