Comscore Tracker

5 Pemain Mungil yang Sukses Bersaing di Dunia Sepak Bola

Pemain Amerika Latin mendominasi

Tubuh tinggi untuk pemain sepak bola memang menjadi salah satu atribut berharga untuk memenangkan duel udara. Namun, pemain bertubuh pendek bukan tidak mungkin tidak berprestasi.

Memiliki kemampuan spesial dan kemauan yang lebih besar terkadang mampu menutupi keterbatasan soal postur tubuh. Bahkan, banyak di antara mereka justru menggemparkan dunia sepak bola.

Salah satunya adalah megabintang hasil didikan La Masia Barcelona, Lionel Messi. Selain itu, ada lima pemain lain berpostur mungil (kurang dari 170 cm) yang mampu menggemparkan dunia sepak bola. Siapa saja?

1. Lionel Messi

5 Pemain Mungil yang Sukses Bersaing di Dunia Sepak Bolaskysports.com

Tidak ada yang tidak mengenal Lionel Messi. Ia memiliki magic skill yang sering ditonton banyak orang yang mengidolakannya. Messi yang mungil mampu membuktikan kedigdayaannya dengan  memenangkan gelar Ballon d'Or sebanyak enam kali. Ia telah mengoleksi 37 trofi juara bersama Barcelona.

Memiliki tubuh mungil membuatnya dijuluki La Pulga yang artinya 'Si Kutu'.
Sebutan La Pulga berawal ketika Messi bergabung dengan akademi Barcelona, yaitu La Masia.

Messi pernah didiagnosa growth hormone deficiency atau kekurangan hormon pertumbuhan. Namun, sejak bergabung dengan Barcelona, pengobatannya berjalan lancar dan menjadikannya seperti sekarang ini.

2. Diego Maradona

5 Pemain Mungil yang Sukses Bersaing di Dunia Sepak Bolapotret Diego Maradona (skysports.com)

Memiliki tinggi badan 165 cm tak membuat Diego Maradona dianggap remeh lawan. Pusat gravitasi yang rendah memungkinkan dirinya untuk melakukan sprint sambil menggiring bola. Ia mampu membuktikannya dengan memenangkan Piala Dunia 1986 di Meksiko.

Pada Piala Dunia di Meksiko tersebut, Maradona membuat gol terbaik sepanjang masa versi FIFA. Dalam rentang waktu kurang lebih 10 detik, ia mampu melakukan sprint sambil menggiring bola dari tengah lapangan, kemudian melewati pemain-pemain Inggris dan mencetak gol.

Banyak yang memujinya karena gocekan menipu lawan yang begitu mengagumkan. Bahkan, di suatu daerah ynag terletak di San Andres Cholula, Puebla, Meksiko, terdapat suatu golongan yang membangun gereja untuk mengenang sekaligus memuja sang legenda.

3. Romario

5 Pemain Mungil yang Sukses Bersaing di Dunia Sepak Bolapotret Romario (instagram.com/Phf.oliveira)

Romario merupakan penyerang terbaik dunia setelah berakhirnya era Pele. Dengan bermodalkan posur tubuh 161 cm, dua gelar Copa America pada 1989 dan 1997, serta satu trofi Piala Dunia 1994, merupakan bukti kehebatannya di dunia sepa kbola.

Romario mampu mengeksploitasi kotak penalti secara maksimal. Tidak hanya sebagai ujung tombak, ia juga mampu menjemput bola hingga ke tengah.

Sempat di asingkan karena suatu hal oleh pelatih Timnas Brazil, Carlos Alberto Parreira, Romario hampir tidak mengikuti ajang Piala Dunia 1994 di Amerika Serikat. Namun, karena rentetan hasil buruk dan tekanan dari publik, Parreira memainkannya pada laga terakhir penyisihan grup melawan Uruguay.

Pada akhirnya, timnas Brazil lolos hingga menjadi juara setelah menang dramatis melalui adu penalti melawan Italia.

Baca Juga: Mengenang Legenda: Inilah 10 Gol Terbaik yang Dicetak Diego Maradona

4. Garrincha

5 Pemain Mungil yang Sukses Bersaing di Dunia Sepak Bolapotret Garrincha dan Pele ( instagram.com/Garrincha_king)

Manoel Francisco dos Santos atau yang lebih dikenal dengan sebutan Garrincha adalah legenda sepak bola Brasil. Garrincha sendiri berarti 'burung kecil'. Ia dipanggil begitu karena berpostur tubuh 169 cm dan memiliki gaya bermain yang seakan menari-nari di lapangan.

Berjaya bersama Pele, Garrincha mampu memenangkan gelar juara dunia dua periode berturut-turut, yaitu pada 1958 dan 1962. Garrincha masuk sebagai penggiring bola terbaik dunia meski tinggi kedua kakinya berbeda 6 cm .

Masyarakat Brasil juga menjulukinya dengan Alegria do Povo (Sukacita Rakyat) dan Anjo de Pernas Tortas (Malaikat Berkaki Bengkok) karena popularitasnya yang mendunia.

5. Thomas Habler

5 Pemain Mungil yang Sukses Bersaing di Dunia Sepak Bolapotret Thomas habler (instagram.com/Sh_ss4444)

Pemain mungil muncul dari Eropa, tepatnya di Jerman. Meskipun mayoritas penduduknya berpostur tinggi, Thomas Habler hanya memiliki tinggi 166 cm. Ia merupakan pemain andalan Timnas Jerman.

Di Timnas Jerman, Habler bermain sebanyak 101 kali dan mencetak 11 gol. Ketangguhannya secara individual diakui publik dengan dua penghargaan pemain terbaik Jerman pada 1989 dan 1992. Saat itu, ia tengah memperkuat FC Koln.

Berposisi sebagai gelandang, Habler mampu membawa tim menjadi juara Piala Dunia 1990 dan Piala Eropa 1996. Pada ajang Piala Dunia itu, Thomas Habler dan Timnas Jerman Barat keluar sebagai juara setelah mengalahkan Argentina. Meskipun masih di perkuat Diego Maradona, Argentina terpaksa mengakui kekalahannya dengan skor tipis 0-1.

6. N'golo Kante

5 Pemain Mungil yang Sukses Bersaing di Dunia Sepak Bolapotret N'golo Kante (instagram.com/nglkante)

Pemain sepak bola yang baik hati dan tidak pernah  sombong. Itulah sosok yang melekat pada diri N'golo Kante. Namanya mulai diperhitungkan setelah mampu membawa Liecester City juara Premier League pada 2016. Bak cerita dongeng yang tak tahu kapan akan terulang lagi.

Cerita berlanjut ketika Kante berlabuh ke Chelsea. Ia mampu membantu The Blues menjuarai Premier League, Piala FA , Liga Europa, Piala Super, dan Liga Champions. Ia juga ikut mengantarkan Timnas Prancis meraih trofi Piala Dunia 2018.

Memang, Kante hanya berpostur mungil dengan tinggi badan 168. Namun, itu tidak membuatnya mudah menyerah. Eric Vandenabeele, rekan setim Kante di Boulogne, pernah mengatakan kepada FourFourTwo bahwa Kante punya stamina yang luar biasa. Ia tak akan berhenti berlari hingga mendapatkan bola. Bahkan, ia akan terus berlari sampai laga usai.

Keistimewaan postur mungil memang selalu ada. Masih banyak pemain lainnya yang mungkin akan membuat kejutan pada masa yang akan datang. Di Indonesia juga ada seorang pemain mungil bernama Riko Simanjuntak, yang merajai assist Persija Jakarta. Ia akhirnya menembus Timnas Indonesia. Mungkinkah Riko akan berprestasi di luar negeri?

Baca Juga: 5 Klub Paling Sering Dibobol Lionel Messi di Liga Champions, Apa Saja?

Syahrul Fauzi Photo Verified Writer Syahrul Fauzi

You'll Never Walk Alone

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya