6 Pemain Termuda di Skuat Timnas Indonesia di Piala AFF 2020

Masih berusia 20 tahunan!

Timnas Indonesia berhasil lolos sampai partai semifinal AFF Suzuki Cup 2020. Menariknya, pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-Yong menurunkan banyak pemain muda dalam skuatnya.

Tercatat ada enam pemain muda masih berusia 20 tahunan ke bawah. Arhan Pratama menjadi pemain yang sering menjadi starter. Mereka cukup berhasil menjawab kepercayaan pelatih asal Korea Selatan itu. Dan ini menjadi sinyal baik bagi perkembangan sepak bola Indonesia.

1. Pratama Arhan Alif Rifai

6 Pemain Termuda di Skuat Timnas Indonesia di Piala AFF 2020potret Pratama Arhan (instagram.com/pratamaarhan8)

Pratama Arhan merupakan pemain muda yang bermain untuk klub PSIS Semarang. Masih berusia 20 tahun, ia menjadi andalan Shin Tae-yong di posisi bek kiri timnas Indonesia. Cukup membanggakan, ia selalu menjadi starter di AFF tahun ini dan ia telah menciptakan satu gol sejauh ini.

Kemampuan lemparan panjang menjadi senjata rahasianya yang kerap membahayakan pertahanan lawan. Tak hanya itu, ia juga tipikal pemain yang mau bekerja keras untuk terus berkembang. Dengan hal inilah putra kebanggaan masyarakat Blora ini dipercaya Shin Tae-yong masuk dalam skuatnya. 

2. Witan Sulaiman

6 Pemain Termuda di Skuat Timnas Indonesia di Piala AFF 2020potret Witan selebrasi (instagram.com/witansulaiman_)

Witan Sulaeman adalah pemain berusia 20 tahun berasal dari Palu, Sulawesi Tengah. Ia termasuk gelandang masa depan Indonesia yang telah berkiprah di Eropa. Ia kini terdaftar sebagai pemain Lechia Gdansk, Liga teratas Polandia. Sebelumnya, ia bermain di Liga Serbia bersama Radnik Surdulica selama satu musim.

Ia sudah malang melintang di level junior timnas Indonesia. Dari menjadi andalan U-19 Indonesia hingga menjadi sosok penting Timnas senior di ajang AFF Suzuki Cup tahun ini. Akselerasi solo run dan dribbling menawan merupakan kemampuan yang ia miliki. Hingga kini ia telah mengemas 4 gol dari 11 penampilan bersama timnas senior.

3. Alfeandra Dewangga Santosa

6 Pemain Termuda di Skuat Timnas Indonesia di Piala AFF 2020potret Dewangga menendang (instagram.com/alfeandradewangga)

Satu tim bersama Arhan Pratama, Alfeandra Dewangga. Tampil gemilang di bawah arahan Shin Tae-yong, ia memeliki akurasi umpan panjang yang baik. Terbukti, ia juga mampu bermain sebagai gelandang bertahan meski tempat idealnya adalah seorang bek.

Pemain kelahiran tahun 2001 ini namanya mulai diperhitungkan setelah tampil apik di fase grup. Dewangga masuk dalam daftar bek terbaik Piala AFF tahun ini. Performa terbaiknya terlihat ketika ia mampu mematahkan rangkaian serangan Vietnam yang berakhir dengan skor kacamata. Ia keluar sebagai man of the match pada laga itu dan membawa timnas Indonesia keluar sebagai juara grup.

Baca Juga: Profil Asnawi, Kapten Timnas Indonesia di Piala AFF 2020

4. Rizky Ridho Ramadhani

6 Pemain Termuda di Skuat Timnas Indonesia di Piala AFF 2020potret Rizky Ridho (instagram.com/rizkyridhoramadhani)

Risky Ridho merupakan jebolan kompetisi usia muda Elit Pro Academy tahun 2019. Pada waktu itu, ia keluar sebagai juara yang bermain untuk Persebaya U-20. Hingga kini, ia terdaftar sebagai pemain Persebaya sampai Desember 2023. 

Bersama timnas Indonesia ia telah mengemas dua penampilan dan menjadi starter saat Shin Tae-yong menurunkan lima bek untuk mematahkan permainan Vietnam. Bermain disiplin dan duel udara yang mumpuni adalah kemampuan pemain berusia 20 tahun ini.

5. Elkan William Tio Baggott

6 Pemain Termuda di Skuat Timnas Indonesia di Piala AFF 2020potret Baggott selebrasi (instagram.com/elkanbaggott)

Elkan Baggot, pemain naturalisasi yang kini terdaftar sebagai pemain Ipswich Town, tim sepak bola Inggris. Memiliki postur tubuh 194 cm, sangat ideal sebagai seorang bek tengah. Menariknya, ia dilahirkan di Thailand dan merintis karier sepak bola di Inggris melalui skema beasiswa, Professional Development Phase Scolarship

Masih berusia 19 tahun, ia telah mengemas empat caps bersama timnas Indonesia dan sudah mencetak gol debut, saat Indonesia mengalahkan Malaysia di babak terakhir penyisihan grup. Tentunya, Baggot menjadi aset berharga bagi Indonesia karena kemampuannya akan terus berkembang di Inggris seiring berjalannya waktu.

6. Ernando Ari Sutaryadi

6 Pemain Termuda di Skuat Timnas Indonesia di Piala AFF 2020potret Ernando Ari (instagram.com/nandoarriiiss)

Ernando Ari Sutaryadi masuk dalam daftar pemain Timnas Indonesia di ajang AFF Suzuki Cup 2020. Meski belum mendapatkan kesempatan bermain, kemampuannya dalam membaca tembakan lawan tak diragukan lagi. Faktor cedera masih menjadi penghalang untuk ia bisa tampil di ajang ini.

Bersama Bagus Kahfi dkk, ia keluar sebagai juara Piala AFF U-16 pada tahun 2018. Ernando Ari keluar sebagai pahlawan setelah mampu membendung dua tembakan penalti pemain Thailand. Masih sangat diperhitungkan, karena ia kini masih berusia 19 tahun. 

Di Sektor pertahanan menjadi tempat yang didominasi para pemain muda ini. Faktanya, kebanyakan dari mereka mampu menerapkan skema permainan yang diberikan Shin Tae-yong. Dan pastinya mereka akan terus berkembang untuk menjadi yang terbaik demi menjaga nama baik Indonesia di kancah internasional.

Baca Juga: Mengapresiasi Hassan Sunny dan Para Pemain Singapura di Piala AFF 2020

Syahrul Fauzi Photo Verified Writer Syahrul Fauzi

You'll Never Walk Alone

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya