5 Tim Besar Premier League yang Ditinggal Pemainnya ke AFCON 2021

Tim-tim ini harus melanjutkan laga tanpa pemain-pemain ini

AFCON 2021, atau yang juga biasa disebut dengan Piala Afrika 2021 akan segera bergulir mulai hari, Minggu (9/1/2022). Sederet pemain yang berlaga di sederet pemain dari liga-liga top Eropa juga sudah memperkuat tim nasional masing-masing, tak terkecuali para pemain yang berlaga di Premier League.

Jadwal AFCON yang memang selalu digelar di bulan Januari memang kerap memaksa beberapa tim harus rela melepas pemain mereka untuk ikut berpartisipasi di turnamen paling bergengsi antar negara di benua Afrika tersebut.

Berikut ini merupakan sederet tim-tim besar Premier League yang terpaksa "kehilangan" beberapa bintang mereka yang bakal berjuang di AFCON 2021.

1. Edouard Mendy - Chelsea

5 Tim Besar Premier League yang Ditinggal Pemainnya ke AFCON 2021potret Edouard Mendy (instagram.com/edou_mendy)

Edouard Mendy telah menjelma menjadi kiper andalan Chelsea sejak tahun lalu. Bersama Chelsea, Mendy telah memenangkan banyak gelar di tahun pertamanya, seperti gelar Liga Champions dan Super Cup.

Kini, Chelsea terpaksa merelakan Mendy memperkuat negaranya, Senegal, di ajang AFCON 2021. Kehilangan Mendy di saat genting seperti ini memang begitu berpengaruh untuk Chelsea, apalagi sekarang mereka sedang bersaing untuk mengejar Manchester City yang tengah berada di puncak klasemen sementara Premier League.

Terlepas dari perginya Mendy, Chelsea sebenarnya masih mempunyai kiper cadangan yang cukup bisa diandalkan, Kepa Arrizabalaga dan kiper ketiga Marcus Bettinelli.

2. Mohamed Salah, Sadio Mane, Naby Keita - Liverpool

5 Tim Besar Premier League yang Ditinggal Pemainnya ke AFCON 2021potret Mohamed Salah dan Sadio Mane (instagram.com/liverpoolfc)

Sudah bukan rahasia lagi jika Mohammed Salah dan Sadio Mane adalah dua sosok bintang yang membawa Liverpool ke puncak kejayaan hingga sekarang. Mereka juga yang ikut membantu Liverpool menjuarai Liga Champions pada musim 2018/2019 dan mengambil tahta Premier League pada musim 2019/2020.

Ditinggal Mohammed Salah, Sadio Mane, dan Naby Keita yang berangkat ke AFCON 2021 pastinya membuat Liverpool pusing. Namun, mereka masih memiliki kedalaman skuad yang bisa dibilang bagus.

Liverpool masih mempunyai sosok Diogo Jota, Divock Origi, serta Roberto Firmino untuk mengisi kekosongan di depan. Untuk kekosangan di lini tengah, masih banyak juga pemain yang bisa menggantikan posisi Naby Keita. Jadi, Liverpool masih bisa bersaing untuk mengejar Manchester City di puncak klasmen sementara Premier League. 

Baca Juga: 5 Fakta Piala Afrika 2021 yang Wajib Kamu Tahu

3. Riyad Mahrez - Manchester City

5 Tim Besar Premier League yang Ditinggal Pemainnya ke AFCON 2021potret Riyad Mahrez (instagram.com/riyadmahrez26.7)

Tidak hanya Chelsea dan Liverpool, Manchester City juga harus merelakan satu pemainnya untuk berangkat ke AFCON 2021, Riyad Mahrez.

Mantan pemain Leicester City ini harus kembali memperkuat Aljazair demi mempertahankan gelar juara Afrika yang mereka raih pada tahun 2019 lalu.

Terlepas dari kepergian Mahrez, Manchester City harusnya tidak terlalu ambil pusing karena mereka masih memiliki beberapa pemain yang bisa mengisi posisi Mahrez, seperti Jack Grealish, Raheem Sterling, Bernardo Silva, hingga Gabriel Jesus.

4. Pepe, Partey, Aubameyang, Elneny - Arsenal

5 Tim Besar Premier League yang Ditinggal Pemainnya ke AFCON 2021potret Aubameyang dan Mikel Arteta (instagram.com/arsenal)

Nampaknya, Arsenal menjadi tim kedua yang harus kehilangan banyak pemain kuncinya setelah Liverpool. Untuk AFCON 2021 kali ini, Arsenal harus melepas Nicolas Pepe, Pierre Emerick Aubameyang, Thomas Partey, dan Mohammed Elneny untuk kembali ke Afrika.

Nicolas Pepe harus memperkuat Pantai Gading, Aubameyang tetap menjadi ujung tombak dari Gabon, Elneny pulang ke Mesir, dan Thomas Partey kembali ke Ghana. Empat pemain ini adalah key player dari masing-masing negara.

Untuk mempertahan posisi empat besar saat ini, Arsenal harus bekerja ekstra keras apalagi bulan ini mereka harus bersua Liverpool dalam dua leg babak semi final Carabao Cup dan bertemu musuh bebuyutan mereka, Tottenham Hotspur, di laga lanjutan Premier League.

5. Wilfred Ndidi - Leicester City

5 Tim Besar Premier League yang Ditinggal Pemainnya ke AFCON 2021potret Wilfred Ndidi (instagram.com/ndidi25)

Wilfred Ndidi merupakan salah satu pemain kunci di lini tengah Leicester City. Hingga saat ini, Ndidi menjadi pilihan utama sebagai gelandang bertahan di Leicester maupun di negaranya, Nigeria.

Kehilangan Ndidi tentu menjadi pekerjaan rumah yang besar bagi Leicester City. Apalagi, Leicester kini tengah stuck di papan tengah klasmen sementara Premier League, tepatnya di posisi 10. 

Itulah 5 tim besar Premier League yang melepas beberapa pemain kunci mereka untuk berangkat ke AFCON 2021. Mampukah sederet klub besar di atas tetap mempertahankan performa mereka tatkala sederet pemain andalan mereka absen untuk berjuang membela timnas masing-masing?

Baca Juga: Daftar Lengkap 24 Negara dan Pembagian Grup Piala Afrika 2021

Syaifur Rizal Photo Verified Writer Syaifur Rizal

It's about drive it's about power, bacanya jangan sambil nyanyi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya