Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20, Jokowi: Semoga Masuk Final

Jokowi harap PSSI bisa memajukan sepakbola Indonesia

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengaku tak akan intervensi pada pemilihan ketua umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI). Menurut dia, melalui aturan FIFA sendiri, pemerintah memang tidak diperbolehkan ikut campur dan intervensi.

Walau demikian, Jokowi tetap berharap PSSI ke depannya bisa membawa sepakbola Indonesia lebih maju. Bahkan, ia berharap Indonesia bisa membawa piala kemenangan di Piala Dunia U-20.

1. Jokowi tak mau intervensi pemilihan ketua umum PSSI

Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20, Jokowi: Semoga Masuk FinalIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Jokowi mengatakan, untuk urusan yang berkaitan dengan Kongres PSSI, ia tidak bisa turut campur. Jokowi menyebut pemerintah tidak bisa intervensi dalam pemilihan.

"Pemerintah tidak bisa ikut campur apalagi intervensi, gak bisa. Statuta FIFA-nya tidak memungkinkan untuk itu. Jadi kita lihat," kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Jumat (1/11).

Baca Juga: La Nyalla: FIFA Bisa Batalkan Status Tuan Rumah Piala Dunia Indonesia

2. Jokowi minta Menpora untuk dukung PSSI

Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20, Jokowi: Semoga Masuk FinalIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Jokowi melanjutkan, dirinya hanya berharap agar ketua umum PSSI yang terpilih mempunyai integritas, sehingga bisa membawa kemajuan bagi sepakbola Tanah Air.

"Apalagi kita ini tahun 2021 akan menjadi tuan rumah Piala dunia U-20. Saya sudah titip ke Menpora tolong ini betul-betul disiapkan mulai dari sekarang, didukung PSSI untuk menyiapkan U-20 kita mulai dari sekarang," terang Jokowi.

3. Jokowi berpesan agar Timnas Indonesia bisa masuk final atau semifinal

Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20, Jokowi: Semoga Masuk FinalDok. PSSI/Herka Yanis P

Jokowi berpesan, persiapan untuk Piala Dunia U-20 juga harus matang. Jangan sampai, kata dia, penyelenggaraanya sukses tapi performa tim tidak sesuai harapan.

"Kita gak mau penyelenggaraannya Piala Dunia U-20 sukses, tapi timnya jauh dari keinginan kita, jangan sampai. Paling tidak bisa masuk final, alhamdulillah, bisa semifinal juga alhamdulillah," ungkap Jokowi.

Baca Juga: H-1 Kongres PSSI, Caketum Vijaya Fitriyasa Dilaporkan ke Polisi

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya