Profil Tim Piala Dunia 2018: Misi Berat Juara Bertahan Jerman

Mampukah mempertahankan gelar yang diraih di Brasil?

Jakarta, IDN Times - Tim nasional (timnas) sepak bola Jerman datang ke Rusia dengan status sebagai juara bertahan. Tim arahan Joachim Loew masih menjadi favorit karena kemampuan mereka membangun tim. Regenerasi mulus menjadi salah satu kekuatan Der Panzer.

1. Memiliki sejarah bagus di Piala Dunia

Profil Tim Piala Dunia 2018: Misi Berat Juara Bertahan JermanTwitter/@mbfussball_en

Sejak Piala Dunia digelar Jerman hanya absen pada 1930 dan 1950. Dan pada tahun 2006, Jerman terpilih sebagai tuan rumah.

Prestasi gemilang Jerman dalam memenangkan Piala Dunia adalah di tahun 1954, 1974, 1990, dan 2014. Tim ini juga kerap melaju ke partai puncak alias final. Pada 1966, namun dikalahkan oleh Inggris 2-4. Di tahun 1982 juga, Jerman dikalahkan oleh Italia dengan 1-3, 1986 Jerman dikalahkan oleh Argentina 2-3, dan di tahun 2002 ia berhasil ditundukkan oleh Brasil dengan 0-2.

Baca juga: Mengenal Panama, Debutan Teranyar Piala Dunia

Jerman juga pernah meraih jura ketiga sebanyak empat kali, yaitu di tahun 1934, 1970, 2006, dan 2010. Sedangkan menjadi juara keempat diraih Jerman di tahun 1958, setelah mereka dikalahkan oleh Prancis dengan 3-6

2. Joachim Loew, pelatih di balik kesuksesan Jerman

Profil Tim Piala Dunia 2018: Misi Berat Juara Bertahan JermanTwitter/@mbfussball_en

Jika membicarakan tim ini sekarang, tak lengkap rasanya jika belum berbicara tentang dalang di balik konsistensi mereka.

Di balik kesuksesan Jerman saat ini terdapat sosok Joachim Loew. Joachim lahir di Schonau, Jerman Barat, pada 3 Februari 1960. Salah satu keunggulan Loew adalah pada disiplin pemain, dan pilihan taktik yang membuat Der Panzer tampil solid.

3. Toni Kroos pemain andalan Jerman  

Profil Tim Piala Dunia 2018: Misi Berat Juara Bertahan JermanTwitter/@mbfussball_en

Bila membicarakan sebuah tim sepak bola, tentunya tim tersebut memiliki seorang pemain andalan mereka. Salah satu pemain andalan di Tim Nasional Jerman adalah Toni Kroos. Itu tak lepas dari kontribusi pemain yang membela Real Madrid ini.

Kross mencatat 82 penampilan dan mengemas 12 gol untuk negaranya. Penampilan luar biasa yang dihadirkan Kroos dalam setiap pertandingannya, akan menjadikan dirinya sebagai pemain andalan Jerman di Piala Dunia 2018.

4. Daftar skuad resmi 

Profil Tim Piala Dunia 2018: Misi Berat Juara Bertahan JermanTwitter/@mbfussball_en

Kiper: Manuel Neuer (Bayern Munich), Marc-Andre ter Stegen (Barcelona), Kevin Trapp (Paris St-Ger

Belakang: Jerome Boateng (Bayern Munich), Matthias Ginter (Borussia Monchengladbach), Jonas Hector (Cologne), Mats Hummels (Bayern Munich), Joshua Kimmich (Bayern Munich), Marvin Plattenhardt (Hertha Berlin), Antonio Rudiger (Chelsea), Niklas Sule (Bayern Munich).

Tengah: Julian Brandt (Bayer Leverkusen), Julian Draxler (Paris St-Germain), Leon Goretska (Schalke), Ilkay Gundogan (Manchester City), Sami Khedira (Juventus), Toni Kroos (Real Madrid), Mesut Ozil (Arsenal), Sebastian Rudy (Bayern Munich).

Depan: Mario Gomez (Stuttgart), Thomas Muller (Bayern Munich), Marco Reus (Borussia Dortmund), Timo Werner (RB Leipzig).

Baca juga: Daftar Lengkap Skuad Resmi Piala Dunia 2018 (Bagian 1)

Topik:

  • Sugeng Wahyudi
  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya