Comscore Tracker

3 Fakta Menarik Usai Kroasia Benamkan Kanada di Piala Dunia 2022 

Menang 4-1, Kroasia singkirkan Kanada di Piala Dunia 2022

Jakarta, IDN Times - Kroasia sukses menggilas Kanada dengan skor 4-1 di Khalifa International Stadium, Minggu (27/11/2022). Hasil itu memastikan Kanada menjadi tim kedua yang tersingkir di Piala Dunia 2022, setelah Qatar.

Gol kemenangan Kroasia dicetak Andrej Kramaric (36', 70'), Marko Livaja (44'), dan Lovro Majer (90+4'). Ini menjadi kemenangan yang begitu penting buat Kroasia, membuka harapan lolos dan membuktikan kualitas mentalnya.

Apalagi, mereka sempat dikejutkan oleh Kanada lewat gol kilat Alphonso Davies saat duel baru berusia 68 detik.

Kemenangan besar Kroasia atas Kanada ini menghadirkan sejumlah fakta menarik. Berikut IDN Times sajikan, melansir Opta dan situs resmi FIFA.

1. Davies pencetak gol tercepat sejak Piala Dunia 2014

3 Fakta Menarik Usai Kroasia Benamkan Kanada di Piala Dunia 2022 Bintang Kanada, Alphonso Davies, usai cetak gol ke gawang Kroasia di Piala Dunia 2022 (Twitter @FIFAWorldCup)

Davies menjadi pencetak gol tercepat sejak Piala Dunia 2014. Kala itu, Clint Dempsey hanya butuh 29 detik untuk membuat Amerika Serikat mengungguli Ghana.

Sial, gol cepat yang dibukukan Davies gagal membuat Kanada menang. Usai cetak gol, intensitas permainan dan pertahanan Kanada justru loyo menghadapi gempuran masif yang diberikan Kroasia.

Baca Juga: Kroasia Paksa Kanada Angkat Koper dari Piala Dunia 2022

2. Catatan buruk Kanada di Piala Dunia

3 Fakta Menarik Usai Kroasia Benamkan Kanada di Piala Dunia 2022 Trofi Piala Dunia (fifa.com).

Kekalahan ini juga memperpanjang rapor buruk saat berkiprah di Piala Dunia. Mereka menjadi tim ketiga yang keok dalam lima pertandingan pertamanya di ajang yang paling bergengsi ini.

Selain Kanada, ada Meksiko dengan total kekalahan sembilan laga perdananya kalah. Kemudian, El Salvador yang kalah di enam laga Piala Dunia pertamanya.

3. Ivan Perisic tunjukkan kelasnya

3 Fakta Menarik Usai Kroasia Benamkan Kanada di Piala Dunia 2022 Ivan Perisic (twitter.com/EURO2024)

Kemenangan yang dibukukan Kroasia tak lepas dari kontribusi besar dari Ivan Perisic. Dalam laga ini, dia melepaskan dua assist untuk membantu Kramaric mencetak brace.

Dengan begitu, Perisic telah terlibat langsung dalam 15 gol Kroasia ketika berlaga di Piala Dunia dan Piala Eropa (sembilan gol, enam assist). Jumlah tersebut melebihi catatan dari pemain Kroasia lainnya.

Baca Juga: Alphonso Davies Cetak Rekor Gol Tercepat Piala Dunia 2022

Topic:

  • Satria Permana
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya