3 Fakta Usai Timnas Indonesia Tersingkir dari Piala AFF 2022

Indonesia gagal ke final Piala AFF 2022

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia gagal melaju ke final Piala AFF 2022 usai kalah dari Vietnam di semifinal leg 2 dengan skor 0-2, Senin (9/1/2023). Pasukan Garuda justru tak mampu berbuat banyak di markas Vietnam setelah sebelumnya imbang 0-0 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada leg pertama.

Dwigol kemenangan Vietnam dicetak Nguyen Tien Linh (3', 47'). Dengan hasil ini, Indonesia kalah secara agregat dan harus menelan pil pahit untuk kesekian kalinya di Piala AFF.

Laga yang berakhir menyakitkan bagi indonesia ini ternyata menghadirkan sejumlah fakta unik. Berikut IDN Times sajikan untuk kamu.

1. Seluruh gol Vietnam lahir dengan cepat

3 Fakta Usai Timnas Indonesia Tersingkir dari Piala AFF 2022Aksi penggawa Timnas Indonesia saat dikalahkan Vietnam 0-2 di leg kedua semifinal Piala AFF 2022, Senin (9/1/2023). (Dok. PSSI).

Vietnam menang karena berhasil memanfaatkan kelengahan Indonesia. Betapa tidak, The Golden Star Warriors mampu membukukan dua gol dengan cepat baik di babak pertama dan kedua.

Indonesia kecolongan lebih dulu saat duel baru berusia tiga menit di babak pertama. Ironisnya, hal serupa kembali terjadi pada paruh kedua. Gawang Nadeo Argawinata dibobol saat babak kedua baru berjalan dua menit.

Baca Juga: Timnas Indonesia Gagal ke Final Piala AFF 2022 Usai Keok dari Vietnam

2. Kolaborasi maut Vietnam

3 Fakta Usai Timnas Indonesia Tersingkir dari Piala AFF 2022Penyerang Vietnam, Nguyen Tien Linh. (thanhnien.vn)

Kemenangan Vietnam juga tak lepas dari kombinasi maut Nguyen Tien Linh dan Do Hung Dung. Mereka berbagi brace pada laga ini usai Tien Linh memborong dua gol dan Hung Dung melepaskan sepasang assist.

Gol pertama Tienh Linh dicetak usai memanfaatkan umpan panjang Hung Dung yang memotori serangan balik pada menit tiga. Kemudian, dia kembali mencatatkan namanya di papan skor usai menanduk umpan sepak pojok Hung Dung menit 47.

3. Rekor buruk pertemuan Shin Tae Yong dengan Park Hang Seo berlanjut

3 Fakta Usai Timnas Indonesia Tersingkir dari Piala AFF 2022Potret Shin Tae Yong saat Timnas Indonesia dikalahkan Vietnam 0-2 di leg kedua semifinal Piala AFF 2022, Senin (9/1/2023). (Dok. PSSI).

Kekalahan ini sekaligus memperpanjang rekor buruk pelatih Indonesia, Shin Tae Yong, dengan arsitek Vietnam, Park Hang Seo. Shin belum mampu mengalahkan seniornya itu ketika menukangi Indonesia.

Rinciannya adalah tiga kali keok dan imbang dalam dua kesempatan. Kekalahan paling telak dirasa Shin saat Indonesia ditaklukkan Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2022, dengan skor 0-4 pada Juni 2022 lalu.

Baca Juga: Tagar STYOut Menggema Usai Timnas Indonesia Keok dari Vietnam

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya