Akademisi Dorong Erick Thohir Perbaiki Kualitas Wasit Indonesia!

Erick memberikan kartu merah kepada mafia bola

Jakarta, IDN Times - Guru Besar Olahraga Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Prof. Dimyati mengapresiasi niat Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, membenahi sepak bola Indonesia, terutama dalam memberantas mafia sepak bola.

Dimyati juga sepakat, langkah pertama Erick untuk melakukannya dengan memperbaiki kualitas dan kesejahteraan wasit di Indonesia untuk memberikan kartu merah kepada mafia bola.

"Jadi masalah besar adalah moralitas personal wasit yang tidak tahan atas intimidasi atau rayuan berupa suap. Ini menjadi masalah yang sulit dihadapi oleh wasit, sehingga jika tidak dibenahi kualitasnya tidak akan bisa independen untuk jadi pengadil di lapangan secara objektif," kata Dimiyati dalam keterangannya.

1. Sarankan PSSI perhatikan psikologis wasit

Akademisi Dorong Erick Thohir Perbaiki Kualitas Wasit Indonesia!Wasit-wasit di Liga 1. (pssi.org)

Dimiyati menyarankan agar PSSI memperhatikan aspek psikologis dari setiap wasit di Indonesia. Hal tersebut bisa membantu wasit untuk bisa menolak tawaran untuk bekerja sama dengan mafia bola.

"Persoalan wasit tidak cukup hanya dilihat dari aspek kesejahteraan tapi perlu ada perubahan kultural, struktural dan pendekatan ilmiah (psikologis) dalam penanganan wasit untuk lebih tegas membersihkan oknum-oknum mafia yang suka mempermainkan wasit," kata Dimyati.

Baca Juga: Rangkap Menteri BUMN-Ketum PSSI, Erick Thohir: Tak Langgar Statuta 

2. Minta PSSI realisasikan VAR

Akademisi Dorong Erick Thohir Perbaiki Kualitas Wasit Indonesia!VAR (twitter.com/fifamedia)

Guru Besar UNY itu pun mendorong PSSI bisa secepatnya untuk merealisasikan VAR demi. Hal itu dilakukan demi membantu wasit dalam mengambil keputusan.

Sementara itu, Erick menyebut bahwa VAR belum bisa diterrapkan di Indonesia dalam waktu dekat.

"Jawaban saya mungkin mengecewakan. Perlu waktu untuk implementasi VAR ini, karena implementasi VAR itu tidak bisa langsung dilakukan di semua stadion. Stadionnya juga harus memenuhi kriteria," kata Erick beberapa waktu lalu.

3. Pemerintah siap memberikan dukungan

Akademisi Dorong Erick Thohir Perbaiki Kualitas Wasit Indonesia!Pertemuan PSSI dengan Presiden RI, Jokowi di Istana Negara, Senin (20/2/2023). (Dok. PSSI).

Menpora sekaligus Wakil Ketua Umum PSSI, Zainudin Amali, telah menegaskan bahwa pemerintah siap mendukung jika kelak PSSI ingin menerapkan VAR di Indonesia. Tidak cuma VAR, pemerintah siap membantu penyelesaian masalah-masalah lain.

"Soal VAR, ada bagian dari pemerintah juga, lalu upgrade wasit itu pemerintah juga akan memfasilitasi. Jadi selama pemerintah dan PSSI bergandengan tangan Insya Allah akan lancar, jangan sampai berseberangan," ujar Amali.

Baca Juga: Erick Thohir Pastikan VAR Belum Bisa Diterapkan di Indonesia

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya