Asa Lolos Italia di Tengah Kelimbungan Skandal Judi

Italia masih punya harapan lolos Euro 2024

Jakarta, IDN Times - Pelatih Italia, Luciano Spalletti, dibuat terkesima oleh daya juang yang dipertontonkan anak-anak asuhnya saat menantang Inggris di Stadion Wembley, Rabu (18/10/2023). Aspek itu yang membuatnya tetap tersenyum lebar meski kalah 1-3.

Spalletti menilai, pendekatan Italia sudah bagus, khususnya di babak pertama. Gli Azzurri mampu unggul lebih dulu menit 15, lewat gol Giancluca Scamacca. Namun, Spaletti tak menampik banyak yang harus dievaluasi karena Italia kebobolan tiga gol setelahnya.

"Kami memainkan pertandingan dengan tekad yang benar. Kami bermain bagus, tapi ada yang perlu diperbaiki dan harus cepat diselesaikan," kata Spalletti dilansir laman resmi FIGC.

1. Bisa bermain ketat di tengah masalah

Asa Lolos Italia di Tengah Kelimbungan Skandal JudiSelebrasi Giancluca Scamacca usai membobol gawang Inggris, Rabu (18/10/2023). (FIGC).

Italia sebenarnya bertolak dengan kondisi tak ideal. Skuad pincang, selain itu ada isu perjudian yang menghantam Italia. Sebanyak dua pemain Italia, diduga tersandung kasus judi bola, Sandro Tonali dan Nicolo Zaniolo.

Meski begitu, Spalletti menilai performa anak-anak asuhnya sama sekali tak terganggu isu tersebut. Dia merasa kekalahan yang menimpa Gli Azzurri justru lebih disebabkan 

"Kami kebobolan karena fisik mereka lebih unggul. Di momen lain, kami terkejut dan tidak bereaksi terhadap apa yang terjadi," ujar Spalletti.

Baca Juga: Daftar 9 Negara yang Sudah Lolos Putaran Final Euro 2024

2. Apa yang ingin dibenahi Spaletti?

Asa Lolos Italia di Tengah Kelimbungan Skandal JudiPotret Luciano Spalletti saat memimpin latihan Italia. (FIGC).

Juru taktik 64 tahun itu ingin Italia tampil lebih optimal dalam perjalanan di Kualifikasi Euro 2024, November 2023 mendatang. Gli Azzurri dituntut untuk menunjukkan karakter dan menjaga fokus hingga peluit panjang dibunyikan.

"Secara keseluruhan, kami ingin bermain keras, memanfaatkan ruang, memainkan tempo dan intensitas yang tinggi sepanjang laga," terang Spalletti.

3. Masih ada peluang lolos?

Asa Lolos Italia di Tengah Kelimbungan Skandal JudiSelebrasi pemain Italia usai membobol gawang Malta, 15 Oktober 2023. (Twitter/@Azzurri_En).

Kekalahan ini menempatkan Italia di peringkat tiga klasemen sementara Grup C dengan 10 poin. Sedangkan, tambahan tiga angka di Wembley memastikan Inggris lolos ke putaran final Euro 2024.

Peluang Italia lolos tentu masih terbuka. Syaratnya, mereka bisa menyapu bersih dua laga sisa dengan kemenangan, yakni saat bersua Makedonia Utara dan Ukraina.

"Saya tidak takut apapun. Saya hanya akan khawatir jika pemain yang ternyata takut gagal. Kami harus bersaing dengan tim lain untuk bisa lolos. Hasil ini tak membuat kami takut," kata Spalletti.

Baca Juga: 3 Catatan Menarik Kemenangan Inggris Atas Italia

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya