Awas Timnas U-16, Jangan Pernah Remehkan Singapura

Singapura punya serangan balik cepat

Jakarta, IDN Times - Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti Tukiman, memprediksi Singapura bisa memberikan kejutan dalam laga kedua Piala AFF, Rabu (3/8/2022). Bima pun meminta agar para pemainnya tak meremehkan lawan.

Garuda Asia memang lebih diunggulkan dalam laga tersebut. Sebab, Singapura sebelumnya sempat kalah telak, 1-5, dari Vietnam.

"Singapura tim bagus. Kami tidak boleh anggap remeh, walaupun mereka kalah 1-5 di laga perdana," kata Bima selepas latihan, Selasa (2/7/2022).

1. Bima waspadai serangan balik cepat

Awas Timnas U-16, Jangan Pernah Remehkan SingapuraPotret pertandingan Vietnam vs Singapura di Piala AFF U-16 2022. (Twitter/@FASingapore)

Bagi Bima, The Young Lions tetap memiliki potensi kejutan. Dengan gaya yang defensir, Singapura punya kemampuan membangun serangan balik yang cepat.

Apalagi, menurutnya, Muhammad Qaisy menjadi pemain paling berbahaya yang dimiliki Singapura dan tampil menonjol saat melawan Vietnam.

"Kami menugaskan staf pelatih untuk menganalisa laga Vietnam versus Singapura. Mereka tim bagus dan tidak boleh diremehkan karena bisa bikin gol. Catatan saya, nomor sembilan milik mereka itu cepat," ujar Bima.

Baca Juga: Timnas U-16 Pertajam Lini Serang Demi Hajar Singapura

2. Antisipasi sudah dibuat

Awas Timnas U-16, Jangan Pernah Remehkan SingapuraTimnas U-16 bersua Filipina di Piala AFF U-16 2022. (pssi.org)

Demi meredam potensi kesalahan fatal, Bima pun sudah melakukan evaluasi terhadap timnya. Tak cuma di lini depan, Bima juga memperbaiki sektor belakang. Ini penting demi memberikan kenyamanan dalam pertahanan ketika menghadapi serangan balik cepat Singapura.

"Tadi kami latihan menyerang, dari tengah ke depan, karena mengantisipasi Singapura main bertahan. Kami juga mengantisipasi serangan balik cepat," ujar Bima.

3. Lakukan rotasi

Awas Timnas U-16, Jangan Pernah Remehkan SingapuraTimnas U-16 bersua Filipina di Piala AFF U-16 2022. (pssi.org)

Bima juga berencana untuk melakukan rotasi di dalam skuadnya. Kebijakan ini diterapkan agar kebugaran para pemain Timnas U-16 bisa terjaga dan bisa lebih fit saat menghadapi Vietnam.

"Ada rotasi di beberapa posisi, karena kami juga antisipasi persiapan lawan Vietnam. Tapi yang paling penting, fokus kami tetap tertuju lawan Singapura," ujar Bima.

Baca Juga: Guyon Bima Sakti soal Krisis Kiper Timnas U-16: Markus Hampir Main

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya