Guyon Bima Sakti soal Krisis Kiper Timnas U-16: Markus Hampir Main

Markus bahkan sempat ikut latihan Timnas U-16

Jakarta, IDN Times - Krisis ternyata sempat dialami Timnas Indonesia U-16 jelang laga perdana Piala AFF, Minggu (31/7/2022) malam. Mereka sempat kesulitan menentukan kiper utama yang akan tampil.

Musababnya, hampir semua stok kiper yang dimiliki skuad Timnas U-16 terkena masalah. Dari tiga kiper yang mereka daftarkan, seluruhnya sempat hampir tak bisa main di laga perdana Piala AFF akibat sakit atau cedera

"Untuk kiper, kami sedikit dapat ujian. Ada empat, tapi tiga kami daftarkan. Ikram cacar air dan kebetulan statusnya kiper utama. Satu kiper lagi juga sempat cedera," ungkap Bima dalam sesi jumpa pers selepas laga.

1. Kelakar Bima bakal daftarkan Markus

Guyon Bima Sakti soal Krisis Kiper Timnas U-16: Markus Hampir Maininstagram/markoesharison81

Melihat kiper-kipernya di tim terkena cedera, Bima pun berkelakar sempat akan mendaftarkan pelatih kiper Timnas U-16, Markus Horison, ke dalam skuad. Apalagi, dalam beberapa sesi latihan, dia juga sempat ikut bermain demi mengatasi krisis kiper.

"Jadi, kami kemarin mau mendaftarkan coach Markus (Horison). Kami itu sempat latihan cuma pakai satu kiper. Akhirnya coach Markus masih bisa main, pas latihan jadi terpaksa (main)," kelakar Bima.

Baca Juga: Timnas U-16 Buang Banyak Peluang Lawan Filipina, Kenapa?

2. Andrika tampil tidak meyakinkan

Guyon Bima Sakti soal Krisis Kiper Timnas U-16: Markus Hampir MainPara pemain Timnas Indonesia U-16 merayakan gol ke gawang Filipina (Twitter @PSSI)

Masalah kiper Timnas U-16 ditambah lagi dengan kurang meyakinkannya penampilan Andrika Rachman di laga lawan Filipina, Minggu (31/7/2022). Dia hampir saja mencetak gol bunuh diri.

Semua berawal dari sebuah momen saat Andrika mengontrol bola di gawang sendiri. Dia berniat mengirimkan umpan. Nahas, umpannya justru melaju ke gawang sendiri. Beruntung, bola hanya bergulir tipis di depan gawang dan mampu diamankan bek.

3. Bima sebut banyak hal yang mesti dievaluasi

Guyon Bima Sakti soal Krisis Kiper Timnas U-16: Markus Hampir MainTimnas U-16 bersua Filipina di Piala AFF U-16 2022. (pssi.org)

Bima menyatakan masih ada waktu bagi Timnas U-16 untuk mengevaluasi permainan. Menurutnya, efektivitas permainan, plus kesalahan-kesalahan individu, harus dibenahi jelang laga kedua nanti.

"Masih ada waktu dua hari untuk evaluasi, kemudian pemulihan pemain. Sebenarnya sayang, masih banyak peluang yang kami dapatkan beberapa kali, tapi tak terjadi gol. Itu seharusnya bisa diperbaiki," ujar Bima.

Berkat kemenangan atas Filipina ini, Timnas U-16 bertengger di posisi dua klasemen sementara Grup A Piala AFF U-16 2022. Mereka kalah selisih gol dari Vietnam, yang menang 5-1 atas Singapura pada hari yang sama.

Di laga kedua Grup A Piala AFF U-16 2022 nanti, Timnas U-16 akan bersua Singapura. Stadion Maguwoharjo akan jadi venue laga yang dihelat pada 3 Agustus 2022 tersebut.

Baca Juga: Timnas U-16 Wajib Lebih Tajam Lawan Singapura

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya