Beckham Masih Cedera, Kenapa Dibawa ke Asian Games 2022?

Beckham dipastikan berangkat ke China

Jakarta, IDN Times - Pelatih Timnas Indonesia U-24, Indra Sjafri, memberikan penjelasan terkait Beckham Putra yang tetap masuk dalam skuad untuk Asian Games 2022. Dia mengaku, tak memiliki pilihan lain meski memaksakan Beckham yang masih belum bugar.

Maklum, entry by name untuk Asian Games sudah didaftarkan sejak Agustus 2023 lalu. Indra tidak bisa mengganti daftar 22 pemain yang telah didaftarkan untuk berlaga pada 23 September hingga 8 Oktober 2023 mendatang.

"Masalahnya adalah pendaftaran pemain sudah diminta dari jauh-jauh hari. Kami diwajibkan memberikan 22 nama dari satu bulan yang lalu. Pemain yang sudah didaftarkan tidak boleh diganti lagi," kata Indra selepas memimpin latihan, Jumat (15/9/2023).

1. Beckham hanya cedera ringan

Beckham Masih Cedera, Kenapa Dibawa ke Asian Games 2022?Bintang muda Persib dan penggawa Timnas U-23 di Piala AFF U-23 2023, Beckham Putra. (IDN Times/Tino)

Beckham mengalami cedera usai membantu Persib Bandung menahan imbang Persija Jakarta 1-1 di Stadion Patriot Candrabhaga, 2 September 2023 lalu. Namun, dia tetap bermain hingga peluit panjang dibunyikan sejak masuk pada menit 46.

Beruntung, dalam pemeriksaan yang dilakukan Persib, Beckham dilaporkan hanya mengalami cedera ringan. Setelah melakukan magnetic resonance imaging (MRI), gelandang berusia 21 tahun itu mengalami masalah di pahanya.

"Kelihatannya bukan cedera berat. Dari hasil MRI, ternyata memang keluhan yang selama ini dia rasakan. Di bagian paha dalamnya memang ada masalah," kata Dokter Persib, Rafi Ghani di laman resmi Persib.

Baca Juga: Profil Beckham Putra, Pemain Kedua Termahal Timnas U-22 

2. Beckham bisa main?

Beckham Masih Cedera, Kenapa Dibawa ke Asian Games 2022?Pemain Persib Bandung Beckham Putra (kedua kanan) berusaha melewati pemain Persija Jakarta Baif Fatari (kanan) dan Marc Klok (ketiga kanan) pada pertandingan leg dua Final Piala Menpora di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Minggu (25/4/2021). (ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha)

Besar kemungkinan, Beckham tidak bisa ikut dalam petualangan Timnas U-24 di babak penyisihan Grup F, melawan Korea Utara, Kirigistan dan Taiwan. Dia disebut perlu menjalani pemulihan setidaknya hingga dua pekan.

"Beckham tetap membutuhkan terapi untuk pemulihan kurang lebih satu sampai dua minggu ke depan," kata Rafi.

3. Indra Sjafri masih pantau kondisi Beckham

Beckham Masih Cedera, Kenapa Dibawa ke Asian Games 2022?Pelatih Timnas Indonesia U-24, Indra Sjafri selepas memimpin latihan di Senayan, Jumat (15/9/2023). (IDN Times/Tino).

Timnas U-24 yang terbagi dua kloter, bakal bertolak ke China pada akhir pekan ini. Indra menyatakan, Beckham akan ikut serta dalam rombongan ke Hangzhou, karena bakal bermain ketika sudah pulih.

"Dengan segala risiko, nama-nama yang dipanggil sudah pasti berangkat. Kalau Beckham memang masih cedera, ya kami harus tunggu dia pulih. Saya umumkan, Beckham tetap masuk (dalam skuad)," kata Indra.

Baca Juga: Daftar 22 Pemain Timnas Indonesia untuk Asian Games 2022, Ada Beckham!

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya