Berkantor di Jakarta, FIFA dan Indonesia Punya Misi Khusus

Gianni Infantino dan Jokowi punya komitmen tinggi

Jakarta, IDN Times - Presiden RI, Joko 'Jokowi' Widodo baru saja meresmikan Kantor FIFA di Jakarta, Jumat (10/11/2023). Di balik peresmian ini, ternyata ada misi khusus yang tengah diusung FIFA dan Indonesia.

Presiden FIFA, Gianni Infantino berkomitmen untuk membantu sepak bola tanah air agar lebih disegani di mata dunia. Komitmen itu lahir berkat keseriusan Indonesia dalam menjalankan transformasi sepak bola pascainsiden kelam Tragedi Kanjuruhan pada Oktober 2022 silam.

"Kami ingin mengembangkan sepak bola Indonesia secara keseluruhan. Baik itu putra maupun putri. Saya berkecimpung dalam program menjadikan Indonesia sebagai negara yang leading di sepak bola," kata Infantino dalam peresmian.

1. Indonesia punya potensi besar

Berkantor di Jakarta, FIFA dan Indonesia Punya Misi KhususTimnas Indonesia lawan Brunei Darussalam. (Dok. PSSI)

Keputusan FIFA untuk berkantor di Jakarta merupakan sinyal kebangkitan sepak bola tanah air. Infantino menyebut, bal-balan Indonesia memiliki potensi besar memiliki peringkat yang bagus di dunia.

"Saya bangga kita bisa berkantor di Jakarta, dengan proses menakjubkan dalam beberapa tahun terakhir. Indonesia harus jadi leading country juga di sepak bola seperti halnya unggul di ekonomi, bisnis, dan politik," ujar Infantino.

Baca Juga: FIFA: Indonesia Berpotensi Jadi Pusat Sepak Bola Asia dan Dunia

2. Jakarta tempat yang strategis

Berkantor di Jakarta, FIFA dan Indonesia Punya Misi KhususPresiden Jokowi berkunjung ke Kantor FIFA. (Dok. PSSI).

Infantino juga menyebut, lokasi Jakarta strategis untuk membantu perkembangan sepak bola di kawasan Asia lainnya. Maka dari itu, pria 53 tahun tersebut ingin Kantor FIFA di Jakarta bisa memberikan dampak yang lebih luas.

"Kami menyadari Indonesia merupakan negara yang besar, negara sepak bola. Negara yang memiliki posisi strategis di antara Timur Tengah dan Asia Timur. Ini merupakan tempat yang tepat bagi FIFA untuk bekerja sama membangun masa depan sepak bola Indonesia hingga di seluruh Asia," kata Infantino.

3. Komitmen Jokowi kepada FIFA

Berkantor di Jakarta, FIFA dan Indonesia Punya Misi KhususPresiden Jokowi dan Presiden FIFA Gianni Infrantino bertemu Istana Merdeka, Jakarta. (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Jokowi juga berkomitmen penuh dalam membantu meningkatkan kualitas sepak bola Indonesia di panggung internasional. Pemerintah akan bersinergi dengan FIFA dan PSSI untuk mewujudkan harapan tersebut.

"Kami berkomitmen memberi dukungan dan memfasilitasi FIFA untuk meningkatkan integritas dan kualitas sepak bola Indonesia. Kami siap bekerja sama dalam mengembangkan infrastruktur yang memadai, melatih, mendidik serta mengembangkan bakat-bakat muda sepak bola Indonesia," kata Jokowi.

Baca Juga: Presiden Jokowi Resmikan Kantor FIFA di Jakarta

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya