Blacksteel Manokwari ke Final AFF Futsal Usai Bantai Wakil Malaysia

Evan Soumilena buat hattrick!

Jakarta, IDN Times - Blacksteel Manokwari sukses menembus semifinal AFF Futsal Club Championship 2023. Tiket itu didapat, usai menggilas wakil Malaysia, Pahang Rangers dengan skor 6-0, Jumat (5/5/2023).

Berlaga di Terminal 21 Hall Korat, Nakhin Ratchasima, Thailand, Blacksteel tampil begitu perkasa. Tim asuhan Rakhpol Sainetngam itu menekan Paham sepanjang 2x20 menit.

1. Unggul 3 gol di babak pertama

Blacksteel Manokwari ke Final AFF Futsal Usai Bantai Wakil Malaysiapotret Evan Soumilena menjaga bola (Instagram.com/evanmovic19)

Keran gol dibuka saat duel baru berusia delapan menit. Guntur Sulistyo menggetarkan jala Pahang, lewat tendangan kerasnya.

Berselang lima menit, Evan Soumilena menggandakan keunggulan lewat cara yang berkelas. Tanpa kontrol, kapten Blacksteel itu langsung melepaskan tendangan voli yang tak mampu dibendung kiper Pahang.

Pahang mencoba keluar untuk mengejar ketertinggalan. Mereka juga menerapkan skema power play, namun tetap gagal menaklukkan Muhammad Albagir yang bertugas di bawah mistar.

Alih-alih memecah kebuntuan, Pahang justru kembali kebobolan. Diego Rodrigo memanfaatkan blunder lawan, untuk menutup keunggulan Blacksteel di babak pertama, dengan skor 3-0.

Baca Juga: Black Steel Manokwari Melaju ke Semifinal AFF Futsal Club 2023

2. Skema tiang dua Blacksteel mematikan

Blacksteel Manokwari ke Final AFF Futsal Usai Bantai Wakil Malaysiaselebrasi khas Evan Soumilen (Instagram.com/evanmovic19)

Dominasi Blacksteel berlanjut di babak kedua. Namun, mereka bermain dengan tempo yang sedang. Kendati begitu, skema tiang dua mereka begitu berbahaya.

Ardiansyah Nur langsung mencatatkan namanya di papan skor, saat babak kedua baru berusia dua menit. Diego berhasil memanfaatkan blunder pemain Pahang, dan memberikan umpan ke Ardiansyah yang berdiri bebas di tiang kedua.

Cara yang sama kembali berbuah gol pada menit lima babak kedua. Diego dengan cermat memberikan umpan terobosan ke tiang kedua. Penyelesaian akhir Evan begitu sempurna, untuk membawa Blacksteel unggul 5-0.

Blacksteel kian bermain nyaman. Ardiansyah Nur dan kolega terus mengurung barisan pertahanan Pahang. Sementara, wakil Malaysia itu kerap gagal dalam melancarkan serangan balik.

Saat duel menyisakan delapan menit, Marselino Junior menambah derita Pahang. Gol keenam ini lagi-lagi lahir dari tiang kedua.

Pahang semakin menderita. Sufri Syamsil harus diusir dari lapangan, usai diganjar kartu merah jelang akhir laga. Pelanggaran yang dibuatnya berhasil dimanfaatkan Evan membukukan hattrick, sekaligus memastikan kemenangan Blacksteel dengan skor 7-0.

3. Lawan Hongyen Thakam, atau Thai Son Nam?

Blacksteel Manokwari ke Final AFF Futsal Usai Bantai Wakil MalaysiaTim futsal Thailand, Hongyen Thakam di AFF Futsal Championship 2023. (Instagram/@hongyen_thakam_futsal_club).

Blacksteel tinggal menunggu lawan di semifinal, yakni pemenang antara Hongyen Thakam (Thailand) dan Thai Son Nam (Vietnam). Laga ini dihelat hanya beberapa saat setelah Blacksteel menang.

Hongyen Thakam menjadi tim yang difavoritkan untuk menghadapi Blacksteel di partai final pada 7 Mei 2023 mendatang. Sebab, wakil Thailand itu begitu perkasa sejak babak penyisihan fase grup.

Baca Juga: 49 Istilah Dalam Futsal yang Umum Digunakan

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya