Cara Timnas U-23 Permalukan Thailand, Gimana Sih?

Timnas U-23 sudah bangkit dari keterpurukan

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia U-23 benar-benar bertransformasi dalam semifinal Piala AFF U-23 di Rayong Province Stadium, Kamis (24/8/2023). Mereka sukses mempermalukan Thailand dengan skor 3-1 dan melaju ke final Piala AFF U-23 2023.

Permainan Timnas U-23 begitu berbeda sepanjang penyisihan grup. Mereka tampil sederhana dan tak bertele-tele. Pun, Timnas U-23 bermain begitu efektif.

"Skor menunjukkan kami bermain sangat baik melawan tim tuan rumah Thailand," kata Shin Tae Yong selepas laga.

1. Timnas U-23 berkembang pesat

Cara Timnas U-23 Permalukan Thailand, Gimana Sih?Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae Yong, jelang duel lawan Malaysia di Piala AFF U-23 (Dokumentasi PSSI)

Shin mengaku takjub dengan perkembangan pesat anak-anak asuhnya. Mereka berhasil bangkit saat tim sedang limbung. Betapa tidak, dalam laga itu, Shin hanya memiliki 16 pemain yang bugar.

"Permain yang tersedia sangat sedikit, sekitar 16. Tapi, kami berkembang dalam segi kerja sama tim, dan menunjukkan performa yang lebih baik ketimbang di fase grup," ujar Shin.

Baca Juga: Shin Tae Yong Gak Sabar Lawan Vietnam di Final Piala AFF U-23

2. Daya juang yang tinggi

Cara Timnas U-23 Permalukan Thailand, Gimana Sih?Timnas Indonesia U-23 ke final Piala AFF U-23 2023 usai gilas Thailand 3-1 di semifinal, Kamis (24/8/2023). (Dok. PSSI)

Kondisi yang pincang itu berhasil ditambal dengan daya juang di atas lapangan. Muhammad Ferarri menyebut rekan-rekannya ingin membuktikan diri tak jadi penggembira di Piala AFF U-23 edisi kali ini.

"Kami bekerja keras, karena pemain punya target yang tinggi. Kami ingin membuktikan bisa melakukan sesuatu," kata Ferarri.

3. Shin Tae Yong kasih apresiasi

Cara Timnas U-23 Permalukan Thailand, Gimana Sih?Skuad Timnas U-23 Indonesia di Piala AFF U-23 2023 (Dok. PSSI)

Shin juga menyatakan mentalitas Timnas U-23 menjadi kunci dalam kemenangan atas Thailand. Mereka tak gentar meski berlaga di hadapan publik Thailand. Itu yang diapresiasi juru taktik asal Korea Selatan tersebut.

"Saya mengapresiasi performa para pemain. Mereka menunjukkan mentalitasnya, karena itu yang paling penting dalam sepak bola," kata Shin.

Baca Juga: Shin Tae Yong Minta Timnas U-23 Gak Ribet Lawan Thailand

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya