Demi Jaga Mutu, PSSI Seleksi Wasit untuk Liga 1 2023/24

Wasit memang banyak blunder di Liga 1 musim lalu

Jakarta, IDN Times - Pemilihan wasit untuk Liga 1 musim 2023/24 cukup ketat. PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) pun memilih untuk menyeleksi pengadil pertandingan yang dimulai pada Kamis (15/6/2023).

Seleksi ini melibatkan ahli dari Jepang. Mereka adalah Yoshimi Ogawa (Member of Japan Football Association Referee Committee) dan Toshiyuki Nagi (JFA Referee Instructor, JFA Top Amateur Referees Manager).

Ini juga merupakan kerja sama antara PSSI dengan JFA (Japan Football Association) yang ditandatangai beberapa waktu lalu.

1. Seleksi 350 wasit

Demi Jaga Mutu, PSSI Seleksi Wasit untuk Liga 1 2023/24Wasit-wasit di Liga 1. (pssi.org)

Total 350 wasit yang diseleksi PSSI dan PT LIB untuk menjadi pengadil di Liga 1 musim depan. Selain menyeleksi, mereka akan diberikan pelatihan oleh kedua ahli dari Jepang mulai hari ini hingga 20 Juni 2023.

Sebuah satire juga dilontarkan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir. Kiat ini harus dijalankan agar Liga 1 lepas dari indikasi pengaturan skor.

"Latihan dan seleksi perwasitan sudah dimulai hari ini. Tak mungkin kompetisi bisa berkembang kalau sudah tahu skornya," ujar Erick dalam jumpa pers di SCTV Tower, Kamis (15/6/2023).

Baca Juga: Dukungan Anak Muda ke Erick Thohir di 2024 Meningkat Berkat Sepak Bola

2. Akan dinilai secara independen

Demi Jaga Mutu, PSSI Seleksi Wasit untuk Liga 1 2023/24Logo PSSI di Kantor PSSI. (IDN Times/Tino).

Kedua ahli yang diutus JFA nantinya akan berbagi tugas. Ada yang menyeleksi dan me-review wasit Liga 1 dan memberikan pelatihan ke sejumlah daerah. Terobosan ini diharapkan bisa menyatarakan standar wasit Tanah Air.

"Nanti ada yang fokus me-review secara independen dan profesional. Satunya mentoring ke daerah agar standarnya sama," ujar Erick.

3. Presiden JFA akan turun langsung

Demi Jaga Mutu, PSSI Seleksi Wasit untuk Liga 1 2023/24Ketua Umum PSSI, Erick Thohir bertemu Presiden JFA, Tashima Kohzo, Kamis (16/3/2023). (Dok. PSSI).

Kerja sama ini diawasi langsung Presiden JFA, Tashima Kohzo. Dalam waktu dekat, pria 66 tahun itu akan bertolak ke Indonesia.

"Presiden JFA akan datang langsung ke Indonesia untuk memastikan kerja sama ini berlangsung dengan baik," kata Erick.

Baca Juga: Erick Thohir Minta Tayangan Liga 1 Lebih Kinclong

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya