Erick Thohir Minta Tayangan Liga 1 Lebih Kinclong

Demi tingkatkan kualitas kompetisi

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, memberikan tantangan kepada pemegang hak siar Liga 1 musim 2023/24. Pria yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN itu meminta agar tayangan Liga 1 bisa lebih kinclong.

Ya, Liga 1 tinggal menghitung hari untuk memasuki musim baru. Erick dan Direktur Utama Liga Indonesia Baru (LIB), Ferry Paulus ingin lebih memanjakan mata penggemar sepak bola Tanah Air.

"Saya berpesan kepada LIB dan Emtek agar diawasi dan ditingkatkan kualitas penyiarannya supaya bisa lebih kinclong," kata Erick Thohir dalam jumpa pers di SCTV Tower, Kamis (15/6/2023).

1. Sorot lampu stadion bakal lebih terang

Erick Thohir Minta Tayangan Liga 1 Lebih KinclongPara pemain PSM Makassar merayakan gol yang dicetak ke gawang Borneo FC Samarinda dalam laga pekan ke-34 BRI Liga 1 2022-23 yang berlangsung di Stadion Gelora BJ Habibie Parepare, Minggu 16 April 2023. (Instagram.com/psm_makassar)

Ferry menyebut, sorot lampu di stadion bakal lebih terang dari musim-musim sebelumnya. Nantinya, standar pencahayaan minimal 1200 lux.

Bukan tanpa alasan. Pencahayaan ini dibutuhkan agar seluruh stadion yang digunakan peserta Liga 1 bisa menunjang kebutuhan VAR.

"Kami ingin naik kelas. Mulai dari standar stadion, ada peningkatan dari lampunya yang minimal 1200 lux. Ini untuk impelementasi adanya VAR," kara Ferry Paulus.

Baca Juga: Erick Thohir: Yuk Berdoa Messi ke Indonesia

2. Stadion pakai e-board

Erick Thohir Minta Tayangan Liga 1 Lebih KinclongStriker Persija, Michael Krmencik sukses cetak gol ke gawang Arema FC, Minggu (12/2/20223). (Dok. Persija).

Bukan hanya penerangan. Seluruh stadion nantinya juga bakal memakai e-board agar komersialisasi bisa dibungkus lebih menarik.

"Dalam dua bulan ke depan, seluruh stadion akan pakai e-board. Jadi visual akan lebih bervariasi untuk sponsor," kata Ferry.

3. Emtek siap penuhi ekspektasi

Erick Thohir Minta Tayangan Liga 1 Lebih KinclongPersib Bandung di gelaran Liga 1 2022/23. (ligaindonesiabaru.com)

Sementara, Direktur Program SCM, Harsiwi Achmad siap menyanggupi tantangan PSSI dan PT LIB untuk menjadikan tayangan Liga 1 lebih kinclong. Mereka berjanji bakal memanjakan mata penggemar sepak bola saat menyaksikan Liga 1.

"Kita akan meningkatkan kualtias. Tayangan bisa makin kinclong karena sudah digital. Standar visualnya mau disetarakan dengan internasional. Kita tidak akan lagi pakai green screen di studio," kata Harsiwi.

Baca Juga: La Nyalla Siapkan Program untuk Liga 1, Liga 2, dan Liga 3

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya