Diprediksi Bersua Vietnam, Ini Permintaan Shin Tae Yong

Vietnam kandidat kuat untuk menjadi juara Grup B

Jakarta, IDN Times - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong, memprediksikan skuad Garuda bakal bertemu Vietnam di semifinal Piala AFF 2022. Namun sebelum itu, Shin punya permintaan yang harus dipenuhi anak-anak asuhnya jelang partai semifinal.

Ya, Indonesia harus bersua juara Grup B karena lolos ke semifinal dengan status runner-up Grup A usai kalah surplus gol dari Thailand. Nah, Vietnam menjadi kandidat kuat untuk mengisi tempat tersebut.

Meski sama-sama mengoleksi tujuh poin bersama Singapura, situasi Vietnam lebih diuntungkan untuk memuncaki klasemen Grup B. Sebab, The Golden Star tim non-unggulan, Myanmar pada laga pamungkasnya, Selasa (3/1/2023).

"Menurut saya, kami pasti bertemu Vietnam (di semifina). Tapi kita masih harus melihat hasilnya besok," kata Shin dalam jumpa pers usai Timnas Indonesia kalahkan Filipina dengan skor 2-1 di Rizal Memorial Stadium, Senin (2/1/2023).

1. Harus perbaiki finsihing agar tak kecewakan pendukung Indonesia

Diprediksi Bersua Vietnam, Ini Permintaan Shin Tae YongAksi pemain Timnas Indonesia saat bentrok dengan Filipina dalam laga terakhir Grup A Piala AFF 2022. ( Dok. PSSI).

Sebelum berlaga di semifinal, Shin punya permintaan. Witan Sulaeman dan kawan-kawan harus memperbaiki penyelesaian akhirnya ketika mendapat peluang emas di depan gawang.

Maklum, pelatih asal Korea Selatan itu selalu dibuat geregetan dengan finishing anak asuhnya di babak penyisihan grup. Dia tak mau kekurangan itu kembali terlihat di semifinal, karena bisa mengecewakan suporter Indonesia.

"Kami mendapat peluang yang baik tapi tidak bisa mencetak gol (ke gawang Filipina). Saya sangat tersinggung dan ini harus segera dievaluasi dan dimaksimalkan dengan baik agar tidak mengecewakan suporter (Indonesia) yang datang," kata Shin.

Baca Juga: Timnas Indonesia Masih Tumpul, Shin Tae Yong Uring-uringan

2. Akui performa Indonesia makin meningkat

Diprediksi Bersua Vietnam, Ini Permintaan Shin Tae YongAksi pemain Timnas Indonesia saat bentrok dengan Filipina dalam laga terakhir Grup A Piala AFF 2022. ( Dok. PSSI).

Shin juga tak mengelak performa Timnas Indonesia sudah makin meyakinkan. Tapi, peningkatan itu belum dilengkapi dengan penyelesaian akhir yang matang.

Indonesia sepertinya memang perlu tampil lebih tajam saat bersua Vietnam. Sebab, tim asuhan Park Hang Seo memiliki pertahanan yang kuat. Belum ada yang mampu membobol gawang mereka dalam tiga laga di fase grup Piala AFF 2022.

"(Kekurangan) ini harus dievaluasi. Apalagi, performa kami juga sudah semakin baik," kata Shin.

3. Timnas Indonesia punya rekor buruk lawan Vietnam

Diprediksi Bersua Vietnam, Ini Permintaan Shin Tae YongBek Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam, dalam duel kontra Vietnam di penyisihan Grup B Piala AFF 2020 / Dokumentasi PSSI

Di sisi lain, Timnas Indonesia memiliki rekor pertemuan yang buruk dari Vietnam. Skuad Garuda belum pernah menang dalam empat pertemuan terakhirnya, dengan rincian tiga kali keok dan sekali imbang.

Pertemuan terakhir terukir di fase grup Piala AFF 2020, tahun lalu. Pratama Arhan dan kawan-kawan dipaksa bermain imbang dengan skor 0-0.

Jika skenario ini terjadi, kedua tim akan kembali bertemu di semifinal Piala AFF 2022, 6 Januari 2023 dan 9 Januari 2023. Indonesia akan melakoni laga kandang terlebih dahulu, di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). 

Baca Juga: Bungkam Filipina, Timnas Indonesia ke Semifinal Piala AFF 2022

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya